Selasa, 21 Februari 2017

Surat Untuk Kakak Kevia [1]

Siapin tissu.
Bakalan mrebes mili.

Teruntuk kakak kevia.
Semoga kelak jika kau besar nanti blog abal-abal mama ini bisa kamu baca buat mengenang masa kecil kamu.

Sebulan lebih sudah setiap malam saya meninggalkan kevia tidur dengan papanya karena sejak kami pindah kevia sama sekali ga mau tidur kalau di rumah eyang. Ya sebulan lebih sejak saya melahirkan arkha dari rs saya kembali ke rumah mama, saya pikir karena saya belum fit benar saat itu kalau ada mama hati lebih tenang karena ada yang bantu. FYI rumah saya dan mama hanya beda beberapa rumah. Praktis sejak saat itu semua jadwal saya dan kevia sehari-hari yang sudah biasa kami terapkan jadi berantakan. Jam tidur kevia pun berkurang karena lagi-lagi kevia susah tidur kalau di rumah eyangnya, entah kenapa. Dia baru tidur kalau sudah lelah bermain dan kadang itupun disertai dengan kerewelan. Perhatian ke kevia pun jadi terbagi dengan adiknya. Beruntung dia ga jeles ngerti kalo mama sama adek dia main sendiri nanti kalo mama sudah selesai ngurusin ade baru main sama dia.

Jadi setiap pagi sebelum papanya baerangkat kerja kevia diantar ke saya atau sebaliknya saya yang ambil kevia ke rumah. Malamnya setelah papanya pulang kerja dijemput kembali sama papanya untuk pulang. Belakangan dia jadi makin lengket sama papa, apa-apa papa bahkan sempat menangis memelas nyari papa padahal cuma di tinggal papanya mandi.

Saya jadi suka ngerasa bersalah.
Tiap kali meluk dia saya pasti pengen meneteskan air mata sambil bilang sabar ya kak nanti pasti kita kumpul berempat. Buat saya dia selayaknya anak kecil yang hobi mengeksplor segala macam, kalaupun dikasih tahu belum ngerti ya wajar usianya baru genap 19bulan ngajarinnya juga harus pelan-pelan. Inilah yang bikin saya rindu rumah, ingin segera pulang ke rumah. Biar kevia tenang bisa main jadwal tidurnya ga berantakan. Ga perlu denger dia di marahin sama eyangnya. (Maaf ya Ma) yang kadang bikin saya pengen nangis padahal saya sendiri berusaha menahan amarah kalau lagi kesel. Karena kunci mengasuh anak ya sabar lapang dada kalau emosi yaudah bubar.

---

Ka, mama tahu kamu anak jagoan anak hebat yang mampu melewati segala halang rintang. Maaf ya kak diusiamu yang masih kecil kamu sudah harus berbagi perhatian dengan adikmu, mama berusaha tetap adil sama kalian berdua. Sabar ya nak kalau dari kecil kamu sering denger omelan atau ocehan, semoga itu bikin kamu tambah kuat kelak. Kalau di rumah eyang yang anteng, yang nurut.

Ka, selebihnya makasi sudah sayang sama ade walau kadang iseng.

Kelak jika kakak dewasa jadilah wanita tangguh yang tetap berdiri kuat jika di terjang badai. Mama papa sayang kakak, semaksimal mungkin  kami memenuhi kebutuhanmu walah kami tahu kami belum bisa memberikan yang maksimal seperti teman-temanmu.

Kami sayang kakak kevia, kita berjuang bersama ya kak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar