23 Juli 2013

T H R

lebaran yang kurang dari beberapa minggu lagi
ini yang ditunggu kita semua yang berstatus pekerja, pegawai, karyawan swasta, negeri atau semacamnya.

T H R alias Tunjangan Hari Raya

Bonus 1x Gaji penuh buat kebutuhan hari raya, dan hari ini karyawan kantor saya merdeka deh, karena selain THR ada bonus plus uang mudik lebaran yang jumlahnya juga hampir 1x gaji jadi kurang lebih dapet 3x gaji dalam sebulan ini.

tapi Be Careful buat pengeluaran lebaran karena kalau kita ga manage dengan baik bisa-bisa bukan untung malah kebobolan alias nombok atau malah nunggu gaji selanjutnya bisa kembang-kempis.
Seperti saya nih berhubung sedang dalam persiapan menuju pernikahan, walaupun persiapan sudah nyaris sempurna tapi tetep aja kita mesti masih sedikit ngerem pengeluaran yang ga terlalu dibutuhkan karena takut nanti ada sesuatu yang dibutuhkan mendadak malah tidak tercover.

akhirnya sebagian dari THRan untuk lebaran  tahun ini...
persiapannya nuker uang baru buat bagi-bagi ke krucil-krucil, ada tradisi di keluarga kami selama belum menikah walau sudah bekerja kita masih suka dapet jatah "angpao lebaran" walau besarannya ga sebesar saat kita masih belum bekerja.
bingkisan untuk keluarga, bingkisan untuk mbah tercinta yang tinggal satu-satunya, bingkisan untuk beberapa orang yang membutuhkan.
Kue lebaran, yang ini juga menu wajib buat lebaran sudah siap juga.

dan sebagian lagi untuk menabung, ini tetep mesti wajib.
karena kita tidak tahu ada kebutuhan mendadak apa nantinya.
buat kalian selamat menikmati mempersiapkan Lebaran, Be Wise yah.

20 Juli 2013

a Lucky man meet a Lucky woman

masih ingat
"Tuhan memisahkan kalian karena Tuhan ingin menggantikannya dengan yang lebih baik"

that's true
setidaknya itu yang saya rasain sekarang.
yes we're LUCKY
saya pernah posting cerita saya bisa dekat dengan pria yang 56 hari lagi akan menjadi suami saya.

ga sedikit yang berkomentar bahwa "kalian dipertemukan di tempat, di waktu, dan di saat yang tepat"
ga sedikit pula yang menilai bahwa hubungan kami baik.
baik dalam arti kami bisa saling menutupi dan bisa menyelesaikan masalah bersama.
baik juga mungkin dalam arti kami memang sudah siap menghadapi semua ini.
menghadapi keRibetan PRA NIKAH.

siap menikah adalah ketika pasangan ga banyak protes dan nuntut kamu mesti jadi apa?
saya nih yang tipe jauh dari cewe feminim, ga terlalu doyan di dapur walaupun seneng di rumah, tipe ngotot dan idealis.
sementara sang calon suami ini anak taat, lebih seneng di rumah dari pada hangout ga ada juntrungannya, multitalented calon menantu kalau kata mama saya, tipe pria yang ga banyak omong, hobi banget masak, bisa kerjaan rumah apa aja.

itulah Tuhan mempertemukan kita dengan pasangan yang memang benar-benar kita butuhkan.
karena kami coba mendalami masing-masing kami sejak pertama bersama, dan menikmati saja semua yang berjalan sampai saat ini.

a Lucky man meet a Lucky woman
just like us

#roadtoseptember-56

16 Juli 2013

Commuterline

mau cerita pengalaman pertama naik commuterline dari sta.sudirman...

jadi ceritanya semalem itu si mevi (ade sayah satu-satunya) cerita kalo sore kemarin dia pulang naik kereta, katanya sih sekarang udah enak walalupun fasilitasnya masih jauh dari sempurna. Nah mulailah gw tergiur pengen naik comline ini selain waktunya lebih cepet, ongkosnya juga relatif tidak semahal kalo gw naik omprengan dari atmajaya. Cuma resikonya yah mesti desek-deseskan rebutan naik kereta deh tuh.
dalam sejarah gw sih udah beberapa kali naik comline tapi kondisinya pasti saat weekend, ga pernah tuh gw naik pas hari kerja gini, padahal udah disaranin sama beberapa temen kenapa ga naik comline aja jadi lo ga terlalu stress dengan sumpeknya jalanan jakarta kalo sore.

dan di mulailah petualangan gw sore ini...
dari kantor yang berlokasi di Bendungan Hilir gw naik metro mini ke stasiun sudirman, Jarak tempuh ga sampe 10menit deh.
Sampai di sta.sudirman beli lah tiket karena gw belum tau caranya akhirnya ade gw lah yang antri beli tiket sambil gw perhatiin.
ini kartu commet

sistem ticketing di semua sta. saat ini sudah elektronik semua.
penggunaannya dengan kartu commet yang terdiri dari single trip atau sekali perjalanan atau multi trip.
jenis kartunya contactless card kurang lebih sama seperti kartu flazz dan teman-teman sejenisnya.
setelah itu masuklah kita ke peron, karena ga ada kereta yang langsung ke bekasi kemudia kita naik comline yang sampai manggarai.

sesampainya di sta.manggarai ternyata sodara-sodarah isinya orang semua, pindah jalur lah kita ke jalur empat. Sempet mikin sih sebanyak itukah orang yang tinggal di bekasi.

kereta datang, tapi karena antrian sudah full akhirnya memutuskan untuk naik kereta berikutnya.
kereta berikutnya sama fullnya tapi ga sepadat yang sebelumnya.
perjalanan sta.manggarai - sta. kranji tujuan saya hanya 30menit.
di kereta yang segitu padatnya sempet lho gw sama ade gw foto-foto, foto amatiran karena sambil desek-desekan.
muka kucel pulang kantor no make up

 

bisa dibayangkan berdiri aja susah apalagi duduk
ade gw yang tetep eksis di tengah manusia

pulang kerja apa pulang kampung



dan sampai rumah setelah magrib,
setidaknya hari ini otak ga perlu stress ngeliatin banyaknya kendaraan di jakarta. 
oke cukup sekian ceritanya, setelah hari ini nampaknya gw akan beralih naik commuterline aja nih tiap pulang kantor.

15 Juli 2013

foto levitasi

suatu hari kita berdua lagi nonton tv,
lihatlah sebuah liputan di salah satu acara tv swasta yang bahas tentang foto levitasi.

Foto Levitasi memiliki konsep anti gravitasi. Levitasi berbeda dengan foto loncat biasa karena foto yang dihasilkan terkesan melayang dan prosesnya pun lebih susah.

segeralah kita hubungi fotografer kita buat bikin sesi foto yang kaya gini.
sang fotografer cuma bilang yaudah siap lo berdua belajar loncat-loncatan aja tar abis puasa baru kita bikin kalo bikin sekarang tar lemes lagi puasa. Padahal sesi sebelumnya udah sempet bikin foto loncat-loncatan cuma belum maksimal kayanya jadilah kita pengen ulang lagi.




ini beberapa contoh yang kita searching google, kita mau bikin lebih kece nantinya.

Surat Ijin Menikahimu

setelah beberapa hari kemarin terjadi perdebatan dengan pengurusan Surat Nikah.
selesai juga hari ini setelah saya ngoceh urusan ini harus selesai dalam waktu sehari
ternyata gampang kok, yah kan saya bilang aparatnya aja kadang yang suka bikin ribet sendiri
kalo dah ngajuin dokumen udah lega rasanya
yang paling wajib sudah selesai tinggal cek persiapanlainnya.

Surat Ijin Menikahimu
kalo kata masYudi, akhirnya setelah ini itu dapet juga surat resmi dari lembaga terkait untuk menikah.
mudah-mudahan lancar sampai 14.09.2013

13 Juli 2013

apa hubungannya PBB sama SURAT NIKAH?

Almahdulillah semua urusan persiapan saya dan calon suami di lancarkan.
cuma pas di step surat-menyurat dokumen ini yang agak bikin saya ngoceh-sengocehnya deh.
kenapa?!?
ini sedikit curhatannya...

Kita berdua udah ngelist segala macem nih sejak april
nah di Mei kita sempet mau ngeduluin ngurus surat-surat karena menurut saya itu yang paling penting dari semua yang terpenting, ga sah dong nikah kalo suratnya ga keluar.
Ngajuin lah ke Kelurahan tempat tinggal calon suami karena dia tinggal di luar kota
yah biar skalian praktis karena dia juga ga bisa bolak-balik cuma buat ngurusin surat-surat aja
kita minta tolong lah sama orang tuanya disana buat ngurus.

setelah di ajukan ke Kelurahan beserta KUA Kecamatan Sempor Kebumen,
ternyata aja gitu orang sananya menolak dengan alasan Surat Numpang Nikah itu ada kadaluarsanya, yang menurut aparat sana 2bulan sebelum hari H.
oke saya sempet survey ke temen-temen yang mau nikah juga menurut mereka sih ga ada, bahkan temen saya ada yang mau nikah november eh surat nikahnya udah kelar dari maret aja gitu.
ya apapun alasan kadaluarsa itu ada mungkin itu kebijakan disana, akhirnya saya putuskan nunggu sampai bulan juli ini, sementara saya sendiri sudah mempersiapkan syarat-syarat yang harus saya siapkan untuk data saya sendiri.

Awal juli kemarin pas calon suami pulang...
akhirnya dia nyempetin ke keluarahan dan kua setempat buat ngurus, sempet di suruh nunggu tuh sama orang sana.
saya yang udah ngoceh dari awal sampe protes "emang ga bisa keluar juga, mesti tepat tanggal 2bulan sebelum hari H"
gara-gara ocehan saya akhirnya surat dari kelurahan sempor kebumen pun terbit hari itu juga.

Lalu apa hubungannya sama judul postingan saya kali ini...
"apa hubungannya PBB sama Surat Nikah?"
ini lagi yang lebih super ga nyambung buat saya.
jadi kelurahan tempat tinggal saya Kelurahan Rawa Lumbu itu, kalau mau ngurus apapun termasuk ngurus Surat Nikah itu harus ada BUKTI PELUNASAN PBB.

Pajak Bumi dan Bangunan yang jatuh tempo aja masih september.

Alasan aparat setempat karena dalam rangka mendisiplinkan warganya dalam membayar pajak, jadi ketauan siapa yang sudah bayar pajak dan tidak.
Dan setelah tanya kebeberapa temen itu hanya terjadi di wilayah tempat tinggal saya aja.
Repot yah, sepertinya urusan perpajakan sudah ada lembaganya dan lembaga tersebut juga berhak menegur wajib pajak yang melanggar.

terus kenapa mesti di repotkan dengan urusan pelunasan pajak,
sedangkan selama ini kita tau pajak yang sudah dibayar oleh wajib pajak aja banyak yang diselewengkan.

ini yang bikin saya jadi tambah ngoceh-sengocehnya
urusan yang seharusnya bisa diurus dengan mudah jadi di buat repot.
bapak/ibu saya wajib pajak yang baik.
yah mungkin di sini saya dibuat repot dengan urusan perdokumenan setelah semua urusan persiapan pernikahan dilancarkan.

12 Juli 2013

dokumen persiapan PERNIKAHAN

kembali bahas pernikahan...
persiapan yang paling penting adalah dokumen alias surat-surat persiapan pernikahannya.
sebenarnya dokumen kaya gini itu ngurusnya simple banget
yang bikin repot adalah APARAT PEMERINTAHANnya kadang-kadang.

dimulai dari, Siapkan  :
  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto 2x3 4Lembar
  • Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
Buat yang pasangannya di luar kota, pasangan terlebih dahulu harus minta surat numpang nikah dari kelurahan setempat dia tinggal dan formulir N1-N4 (apa itu formulir nanti saya jelasin).

Nah buat kitanya, setelah surat-surat dari pasangan selesai mintalah Surat Keterangan Ke RT & RW setempat kita tinggal, kemudian minta Formulir N1-N4 ke KUA Setempat.

apa aja formulir itu...
  • N1 Surat Keterangan Untuk Nikah. Isinya data pribadi calon pengantin.
  • N2 Surat Keterangan Asal-Usul. Isinya menerangkan data pribadi calon pengantin dan data orang tua pengantin.
  • N3 Surat Persetujuan Mempelai. Isinya data calon istri dan calon suami.
  • N4 Surat Keterangan Orang Tua. Isinya kurang lebih sama kaya N2 cuma ini dibalik data orang tua dulu baru data calon pengantin.
  • Satu lagi Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah yang menyatakan calon pengantin masih Jejaka / Perawan ditanda tangan oleh calon pengantin diatas materai 6000.
Semua formulir itu kita isi sesuai data kita dan kemudian di bawa kekelurahan untuk di tanda tangan lurah setempat kemudian diserahkan ke KUA setempat untuk di daftarkan catatan sipil dan terdaftar tanggal sekian, serta siapa penghulu yang akan menikahkan nanti.

11 Juli 2013

day two fasting

hari ini hari keDua puasa
ajaib baru hari keDua udah telat bangun sahur, gimana selanjutnya
yah agak khilaf dikit sih gara-gara tidur kemaleman.

kemarin puasa hari pertama nyoba pulang tanggo
selama bulan puasa kan pulang lebih cepet setengah jam
kenyataannya sampe rumah sama jam7 juga
lalu apa gunanya pulang cepet
nampaknya akan jadi penganut sebulan buka puasa di kantor kecuali weekend
itu juga kalo ga ada acara buka puasa bersama pas weekend
setidaknya mendingan di kantor daripada di jalan, ga enak banget

dah di hari keDua ini kita buka puasa bersama dikantor
dalam rangka acara perpisahan sela teller karena sudah habis masa bakti 3tahun.
jadi inget waktu masih jadi anak bakti
ngerasain pas hari terakhir itu sedih banget.
beruntung setelah bakti sampai saat ini saya masih di bank swasta ini
walau harus mutasi ke tempat baru dan merasakan suasana baru.
bendungan hilir akan satu per satu kehabisan front liner seniornya
setelah buka bersama dikantor...

perjalanan hari ini
nampaknya memang lebih enak pulang setelah magrib
suasananya lebih sepi dan jalanan juga ga terlalu padat dibanding pulang tanggo
terbukti malam ini dari kantor sampai rumah cuma 1.5jam

selama puasa mau bener-bener menikmati dan memaksimalkan waktu
persiapan juga baru 75%
semoga kekejar sampai setelah lebaran
2bulan 3hari kemudian
semangka...^^

9 Juli 2013

kembali...

Udah seminggu nih ga nengok blog,
bukan karena males banyak postingan yang masih di draft sih
tapi karena emang seminggu ini cape banget
cape yang pake banget 1000x
bayangin aja kalo tiap pulang kantor mesti menempuh perjalanan 3jam
kalah jakarta-bandung juga
badan udah berasa mulai cape, belum lagi pendingan persiapan nikahan yang masih belum rapi.
jadi yah ini antara badan, otak, sama kaki udah ga sinkron lagi deh
dan belum lagi seminggu belum libur karena kemarin piket weekend banking
weekend banking antara kesepian pacar keluar kota sama kejar setoran.

dan hari ini pengen ngejar taraweh pertama tapi tetep aja percuma
udah dibelain naik omprengan tetep aja sampe rumah jam8 juga
mana hujannya hebat banget lagi
yah alhasil bakalan menikmati sebulan taraweh kalo weekend doang nih kayanya

oke sambil santai mari kita posting draft yang belum sempat diposting.

ramadhan

Tiap tahun selalu ada perbedaan kapan mulainya ramadhan.
dan akan selalu diperdebatkan
tapi ya sudahlah, di tanah suci macam-macam cara ibadah aja ga diperdebatkan
yang penting kan tujuannya sama

buat semua selamat menjalankan ibadah puasa
maaf lahir batin kalo ada kesalahan yang di sengaja atau tidak

8 Juli 2013

setelah nikah baru ketauan aslinya

sedang tergelitik dengan kata-kata ini
setelah nikah baru ketauan aslinya

bahas dikit ahh...

orang menikah itu kan memang untuk menyatukan dua pribadi yang berbeda jadi satu
juga menyatukan dua keluarga besar dengan adat istiadat yang berbeda jadi satu

fokus di pasangannya aja nih yah.
banyak orang bilang "setelah nikah baru ketauan aslinya" aslinya pasangan kita
memang sih di agama saya mengajarkan tidak ada pacaran tapi istilahnya ta'aruf
tapi dengan keadaan jaman yang sekarang tetep aja identik sama yang namanya sebelum menikah pasti ada proses pacaran terlebih dahulu.
walaupun masa pacaran tergolong singkat, contohnya saya sendiri saya mengenal calon suami saya baru setahun terakhir ini.
nampaknya saya sendiri kurang setuju dengan penyataan ini yah
buat saya buat apa pacaran lama-lama kalau akhirnya baru tau pasangan kita setelah menikah
apalagi buat yang masa pacarannya bertahun-tahun yah, rasanya sih cukup mengenali siapa calon pendamping hidup kita yah.

banyak juga yang bilang sekarang masih pacaran manis-manis
besok kalau uda nikah boro-boro bermanis-manis ria yang ada malah bodo amat
saya sendiri mungkin baru akan merasakan 2bulan lagi
tapi yah buat pasangan yang udah nikah, akan menikah atau masih pacaran.
setidaknya bisa memperlakukan pasangan sebaik-baiknya dalam artian sejak pacaran sampai menikah bisa tetap mempertahankan yang baik dan membuat yang lebih baik lagi.
(kaya yang udah fasih aja gw)
hargai pasangan dan layani dia dengan baik
komunikasi yang baik juga
pasti bisa jadi keluarga yang baik kok

yang membedakan setelah menikah itu karena kita sudah satu rumah sama pasangan kita, ketemu 7/24jam justru karena sudah tinggal satu atap itu jadi banyak waktu lebih untuk sharing bareng.
rencanakan membangun keluarga akan menjadi seperti apa, bagaimana akan mendidik anak dan semua kebiasaan dirumah yang mungkin apa yang ada di otak kita sama pasangan beda.
jadi buat saya ga ada alasan setelah nikah baru ketauan aslinya
justru sebelum dan sesudah menikah itu akan lebih menyenangkan, karena kita punya pasangan hidup yang selalu ada di samping kita.

6 Juli 2013

kenarsisan di WB



 6-7 juli dapet piketan jaga Weekend Baking
as always BCA Mall Grand Indonesia West Mall Grand Indonesia
dan inilah kenarsisan kita di sela-sela dinas

1 Juli 2013

ngebalik kalender

juli "ngebalik kalender"

dimulai dengan semangat baru^^
office, akhirnya sang profokator itu hengkang juga yah memang sudah selayaknya sih terbukti suasana jadi lebih kondusif tanpa dia itu.
mari kembali mengningkatkan prestasi yang sempat terpuruk apa deh.

time flies...
sudah sejauh mana yang dipersiapkan yah
wah kalau ngomongin itu ga ada habisnya

yang jelas juli, memang harus ada banyak yang harus diselesaikan segera

galau hari ini disebabkan karena calon suami pulang kampung buat nyekar ke makam ibu.
nampak begitu rindunya ia sama ibu dan bahkan saya belum sempat ketemu langsung sama beliau, bahkan belum setahun beliau meninggalkan kita semua.
hanya bisa mendoakan meraka yang sudah mendahului kita mendapatkan tempat yang layak disisiNya.

dari nyari tiket kereta ke alfamart sampe mampir ke stasiun hasilnya malah naik bis rosalia dari bulak kapal (bekasi-benhil-bekasi)
dan sayah yang biasanya ditinggal dia pulang santai aja malem ini jadi super duper melow sampe ga nungguin bisnya berangkat karena takut makin deras air matanya. Padahal ditinggal cuma 4hari.
mungkin karena suasana kita berdua juga yang sedang menanti hari besar kita.
Hati-Hati ya sayang titip salam untuk keluarga semua disana dan untuk calon ponakan aku, nanti segera dibuatkan teman setelah kita menikah (edisi kejar setoran)