27 Januari 2014

What kind of boss you are?

Carilah perusahaan yang menjadikan kita sebagai mitra strategisnya. Tapi itu hanya mungkin bila kita punya nilai, keahlian yang bisa di jual. Semakin kita punya sesuatu yang bisa di jual semakin kita bisa melakukan penawaran terbaik untuk mendapatkan posisi terbaik dalam suatu perusahaan

Untuk pengusaha, untuk bos/atasan suksesnya bisnis diukur dari bagaimana anda melayani customer dan suksesnya melayani customer tergantung bagaimana anda melayani inhouse customer yaitu karyawan anda.

Lalu bagaimana jika bos kurang melayani karyawannya?
Sebuah bos dari perusahaan yang cukup besar yang saya temui beberapa hari yang lalu berkata "dulu kantor ini santai cara kerjanya begitu saya masuk saya terapkan disiplin karyawannya malah pada keluar"
Jika saya tidak dalam terlibat sebuah interview untuk masuk perusahaan tersebut mungkin saya sudah jawab "disiplin yang bagaimana yang bapak terapkan ke karyawan bapak sampai mereka ga betah berada di kantor dan keluar?"
Tapi kalau mengingat pembicaraan saya dengan beliau dari awal sampai akhir saya juga ingin berkata "wajar aja karyawan bapak pada keluar, kalau cara bicara bapak aja seperti itu"
......

Jadi beberapa hari yang lalu saya ada panggilan interview di sebuah perusahaan untuk posisi sekretaris. Kantor di kawasan jantung ibu kota cukup membuat saya tertarik awalnya sampai saya ketemu dengan pimpinan disana. Obrolan berjalan dengan lancar sampai dia underestimate kemampuan seorang wanita. Hey sir,,, don't judge a book by each cover. Memang perusahaan ini bertolak belakang dengan pengalaman saya di perbankan, karena saya sendiri ingin coba di bidang lain juga. 

Saya yakin siapapun masuk di perusahaan baru pasti ada yang namanya penyesuaian.
Dengan pekerjaannya, lingkunganya, rekan kerja, sistem perusahaan tersebut karena setiap perusahaan pasti punya SOP. 

Wanita untuk jadi ibu rumah tangga saja belajar step by step. Apalagi pekerjaan.
Jangan mentang-mentang anda atasan lalu anda meremehkan wanita begitu saja.

"Kalau cewe gampang ga kerja tinggal cari suami kaya selesai urusan"

Hey sir,,, coba anda yang jadi wanita!?!???
That is not easy as you think

Kalau anda punya bos yang tata bicaranya saja tidak dipikirkan dulu seperti itu, apa mungkin anda akan tetap bertahan bekerja di perusahan itu?

Sempet ngobrol sama security di depan.
"Gimana mba interviewnya?"
Saya cuma senyum
"Iya mba sekretarisnya disini ga pernah lama paling lama 3bulan terus keluar, bos'nya mulutnya kaya cewe"
"Belum tau pak, makasi yah pak" sambil belalu.
Itu testimoni dari karyawan yang sudah cukup lama bekerja disitu.

Saya belum pernah memimpin sebuah perusahaan tapi saya pernah bahkan sering memimpin sebuah organisasi baik skala kecil ataupun besar. Tapi bukankan perusahaan juga organisasi berstuktur dari atasan sampai bawahan. 
Saya juga belum punya banyak pengalaman untuk mengatur orang supaya mereka dapat bekerja dengan baik dibawah komando saya sebagai pemimpin. Tapi selama saya jadi bawahan saya selalu berusaha menilai bagaimana atasan memperlakukan saya dengan baik.

Seorang atasan itu menurut saya...
*Di lihat dari bahasa tubuhnya, cara berjalan, duduk, bahkan saat menyapa 

*Bertutur kata baik, sopan dan seberusaha mungkin tidak menyinggung perasaan

*menegur bawahannya dengan baik. Ada tipe atasan yang menegur bawahannya di depan halayak ramai, coba kalau posisinya dibalik. Kalau saya seberusaha mungkin menegur face to face.

*untuk atasan wanita mungkin wajar kalau agak rewel atau cerewet, tapi kalau atasan pria berperilaku seperti wanita?

*disiplin, kata-katanya tidak hanya ia terapkan ke bawahannya tapi juga diterapkan ke diri sendiri.

*lainnya... Coba anda lirik atasan anda 😉
Bersyukur di pekerjaan-pekerjaan sebelumnya saya punya atasan yang baik, kalaupun mereka menuntut tuntutannya untuk kebaikan kita dan perusahaan juga kok.
Sebagai bawahan yang dituntut oleh atasan yah saya rasa wajar kok kalau atasan menuntut bawahannya bekerja lebih baik karena mereka juga kan masih punya atasan lagi yang menuntut mereka juga lebih baik.

Jadi bapak yang kemarin saya temui,
Anda tanpa karyawan anda bukan apa-apa, anda pikir anda bisa bekerja sendiri.
Pak, sekolah kepribadian banyak di jakarta.
Kalau anda sopan saya yakin karyawan anda akan memberikan yang terbaik untuk perusahaan anda.




26 Januari 2014

Mungkin aku hanya perantara Tuhan untuk mempertemukan kalian

Terharu ketika menyaksikan mereka, dua insan manusia yang beberapa tahun lalu saya kenalkan lewat tangan saya. Berjalan melalui karpet merah menuju pelaminan cantik dengan dekorasi minang modern berwarna cantik pink dan gold.

Endang Tejawati & Chairil Azhary

Yang wanita teman seperjuangan semasa Bakti BCA
Yang pria teman sejak SD, tetangga sebelah rumah, teman masa ingusan sampai sebesar ini.
Kini mereka dipersatukan salam ikatan suci "Pernikahan" semoga cinta akan selalu mengelilingi kalian sampai menua nanti.





23 Januari 2014

Kapan kamu berhijab?

Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yg tampak. Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu. Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, bisa brupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab.

Jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dlm perintah Allah dalam AlQuran surat Al-Ahzab ayat 59 "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka...". Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, Jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada dan bagian belakang tubuhnya.


Cerita saya akhirnya berhijab.
Mulainya 9 oktober 2009 masih inget karena masih nyimpen foto pertama kali pake hijab.


Kenapa akhirnya mau pake hijab, 
Dulu pas jaman sekolah di sekolah saya terutama pas SMA pas pelajaran agama gurunya mewajibkan kita buat pakai hijab dan iya bener saya pakainya emang kalo pas pelajaran agama aja.
Ga kepikiran mau pakai terus, alasannya banyak...
Belum siaplah, takut panas lah, sholatnya masih bolong teruslah, takut diledek temen-temen, belum punya baju-baju panjang lah dan berjuta alasan lainnya.
Dari keluarga terutama keluarga besar mama termasuk keluarga yang sangat islami, setiap lebaran kumpul rasanya agak risih karena yang lain berhijab tapi saya belum, tapi yang dengan segala alasan diatas.

Dan tahun demi tahun berganti.
Sejak kuliah sudah ada keinginan tapi hati juga belum tertuju kesana, saya hanya mulai meninggalkan busana-busana pendek saya tapi kepala belum juga tertutup.
Pas kerja sempet tar aja ah kalau udah nikah aja pakai hijabnya, sampai akhirnya tertarik karena ngeliat temen juga kok pakai hijab kayanya adem aja gitu selain adem kitanya adem hatinya juga.
Secara seragam kantor saat itu harus order ke logistik dulu dan prosesnya ga sebentar alhasil salah seorang karyawan senior kasih saya rok dan hijab seragam kantor saat itu.
Udah dikasih pun saya masih mikir-mikir pakai enggak yah, dan dihari terakhir pakai seragam karena seragam kantor hanya dipakai senin-kamis, di hari jumat lah pertama kali ke kantor pakai hijab *foto diatas. Setelah hari sebelum pakai hijab seragam rok pendek saya nyangkut, mungkin pertanda.

Pede ga pede tapi harus pede.
Sampai saat ini berjalan rasanya pakai hijab bisa lebih kontrol diri sendiri, lebih aman kemana-mana, yang awalnya takut panas gerah ternyata enggak lho kalo panas jadi adem, kalau dingin jadi hangat.
Dan sampai saat ini juga masih banyak belajar pakai pakaian hijab yang baik, memperbaiki ibadah sedikit demi sedikit.

Sama seperti menikah, siap ga siap harus siap. Pakai hijab juga gitu nunggu siap? Belajar dulu aja dari belajar kita pasti akan kearah siap, tapi balik lagi ke diri masing-masing juga kok. Sekarang kan berhijab juga bisa tetap kece asal tetap sesuai dengan ketentuan agama.

21 Januari 2014

Matahariku

Waktu sudah pukul 00:08 
Ketika saya masih berselancar dengan iPad saya
Pasti mau tanya kok ga memenin suami?
Dengan cuaca yang rendeng (jawa : dingin musim hujan), suami lebih memilih stay di permata hijau tidak di bekasi karena jarak tempuh untuk berangkat ke kantor jauh lebih singkat.
Jadilah saya masih begitu terjaga, terjaga karena cuaca yang terlalu dingin
Coba bayangkan bagaimana dinginnya badai di amerika kemarin?
Dan coba bayangkan bagaimana nasib warga yang ada dalam pengungsian saat bencana banjir seperti ini?

"Musibah dan cobaan itu datangnya dari Allah"
"Tetaplah bersyukur"

Yang namanya banjir pasti datang dari kawasan yang tinggi ke rendah
Rumah saya yang jarang terkena banjir kali ini pun harus merasakannya, walau hanya 5cm tapi cukup repot buat bersihinnya, lalu bagaimana dengan mereka yang banjir bermeter-meter?
Berapa kerugian yang timbul karena bencana ini?

Bencana tetaplah bencana yang tidak tau datangnya kapan, bagaimana?
Tetap harus diterima dan dihadapi
Saling membantu, gotong royong
Jangan salahkan siapapun kenapa bencana bisa hadir ditengah-tengah kita
Tapi cobalah sadar dari diri sendiri dulu
Jagalah lingkunganmu, alammu, tempat dimana kau tinggal
Tempat dimana kita bersujud, berdoa semoga ada hikmah dibalik semua ini

Matahari yang sudah hampir seminggu bersembunyi
Walau sesekali muncul kemudiam hilang
Walau kami suka mengeluh kenapa engkau bersinar begitu cerahnya
Tapi saat ini...
Kami rindu sinarmu
Kami rindu kehangatanmu
Kami rindu melihat engkau muncul di timur dan memandang senja di barat

Kapan kami akan melihat indahnya pelangi lagi?



Ingin kembali



Entah bagaimana cara saya bergaul dulu
Baca testimoni yang saya temukan di arsip saya dulu, menurut mereka saya tipikal pendiam tapi selalu aktif di keorganisasian, apapun bentuknya.
Entah ada berapa banyak organisasi yang pernah saya ikuti dulu
Sampai berhenti total sejak 2006-2011
Yang jelas alasan berhentinya kalau saya pikir sekarang sangat tidak masuk akal
Saya juga sih yang rada bodoh saat itu
*stop jangan curhat, makes me hurt*

5tahun terpaksa berhenti bersosialisasi itu rasanya seperti hidup dalam penjara, ga kenal dunia luar, ga kenal seperti apa manusia diluar sana (curhat juga gw) dan yang jelas otak saya buntu sebuntunya.
Mengingatkan buat kalian yang punya pasangan jangan pernah batasi pergaulan pasangan kalian, mereka punya tanggung jawab kok sebatas apa mereka bergaul diluar.
Ga ada hubungannya yah sama tulisan gw ini 😄

Selain di sekolah dulu pramuka, pmr, osis, mading
Dan berjaya sampai di bangku kuliah dan terhenti
Bahkan sempat mewakili sampai tingkatan dki jakarta
Ingin kembali...
Yah setelah bertahun-tahun vacum dari semua kegiatan, membekukan isi otak, sekarang saatnya kembali.
Kembali ke peradaban saya yang sebenarnya
Kembali mencairkan isi otak untuk hal-hal yang berguna
Berkarya, berkarya, dan berkarya
Walau agak malu, malu dengan teman-teman yang dulu mengingatkan saya

Yang jelas thanks to suami, yang tidak pernah membatasi semua kegiatan saya selama tidak lupa dengan kewajiban sebagai seorang istri.
Teman-teman yang selalu ada dan akan terus ada, i ❤️You full.
Selamat datang Nuke wiedha

17 Januari 2014

Nama

Nama itu doa
Buatnya pake bubur merah putih
Mau dikasih mana siapa keturunanmu kelak?
Kalo di luar negeri ada first name, middle name, surename.
Gimana kalo di indonesia?

Jadi lagi cita cita mau ngasih nama anak nanti, padahal anaknya juga masih prose tapi bole lah sekedar berangan-angan. Buat gw nama cukup 3 suku kata alesannya biar gampang kalo bikin pasport ga usah nambahin nama belakang lagi.

Nama belakang yang mostly pakai nama si bapak/papa/ayah.
E.g nama gw dan adik-adik gw
Nuke Khrisnamurti Wiedha
Mevi Pramudita Wiedha
Adyatma Mahardhika Wiedha

Nama WIedha yang ga lain ga bukan adalah dari nama papa Yulie Widha Supriyatna.
Nah buat gw yang nama suami hanya 2 suku kata, alhasil nampaknya akan mencari nama belakang untuk nama anak-anak kita kelak. Pengen kaya gw sama adik-adik gw ketika melihat nama kita aja mereka tau kalau kita saudara kandung. 

Dapet tips juga dari orang tua kalau nanti kasih nama anak
Jangan terlalu panjang, cukup makaimal 3suku kata, pakai huruf yang mudah ga usah double atau pakai ejaan yang aneh-aneh, jadi kalau nanti anaknya ujian atau mesti ngisi apapun ga nabis cuma buat nulis nama yang kepanjangan. Hehehe ini postingan iseng aja kok buat berbagi di saat cuaca yang lagi dingin begini.

Semoga berguna.

16 Januari 2014

Wisdom tooth (gigi geraham bungsu) - odontektomi

Lanjut cerita kemarin nih, jadi setelah panoramic.
Terlihat jelas lah bagaimana kondisi gigi gw, gigi yang susunannya udah amburadul ga keruan gitu.
Dan benar aja gw bermasalah sama gigi geraham bungsu yang tumbunya tidak sesuai dengan rahang gw. Sahabat gw sampe bilang "lo rajin banget yah ke dokter gigi" haduh kalo bukan karena gw menyesal harus kehilangan dua gigi gw, ini juga ga akan serajin ini kali.

Gigi bungsu adalah gigi gerahamyang tumbuh terakhir kali dengan pertumbuhannya yang bervariasi pada setiap orang, direntang usia 16 sampai 25 tahun. Gigi bungsu normalnya berjumlah 4 buah, masing-masing dua di rahang atas (maksila) dan rahang bawah (mandibula). Tetapi, tidak semua orang memiliki benih gigi bungsu, atau jumlahnya bisa kurang dari 4 gigi. Karena tumbuh paling terakhir maka yang sering terjadi tidak mendapatkan ruang tersisa pada gusi sehingga tidak tumbuh dengan sempurna. Gigi hanya dapat tumbuh sebagian miring ke arah gigi di sampingnya atau tidak tumbuh sama sekali karena terbenam di dalam tulang. Keadaan inilah yang dalam ilmu kedokteran gigi di sebut Impaksi gigi.
Gigi yang tumbuh dalam posisi demikian bisa menjadi sarang penyakit karena sulitnya membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip lama kelamaan akan menimbulkan berbagai keluhan mulai dari gigi berlubanginfeksi jaringan lunak hingga terasa bengkak dan nyeri. Gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna juga dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian sendi rahang sedangkan gigi bungsu impaksi yang terbenam di dalam tulang dapat menyebabkan kista atau tumor.
Gejala-gejala yang biasa terjadi adalah migren, kepala pusing, sakit saat membuka mulut dan telinga berdengung. Bila masalah akibat gigi impaksi ini mengganggu, maka perlu dilakukan pencabutan oleh dokter gigi spesialis Bedah mulut untuk dilakukan pencabutan gigi bungsu, yang dalam istilah kedokteran gigi disebut dengan Odontektomi
Odontektomi ini operasi pengangkata gigi geraham bungsu. Untuk gelaja-gejala diatas sih ga semuanya cuma yang paling parah tuh gigi yang kanan atas kalo buat makan keras haduhh kalo bisa dikunyahin boleh deh. 
Aissshhh operasi bayanginnya aja enggak, dan kemarin pun untuk pertama kalinya seumur hidup gw foto gigi. Dokternya bilang ini kalo di RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) bisa dibius total jadi skalian diangkat semuanya. Dalam hati dok angkat satu-satu aja saya mesti ngumpulin keberanian dulu apalgi skaligus semuanya. Walaupun operasi kecil tapi tetep aja parno. Alhasil dokternya bilang, gigi yang depan diperbaikin dulu aja yah setelah perawatan gigi depan selesai baru kita liat lagi untuk operasinya.
Alhasil hari kemarin gw ganti tambalan untuk gigi depan gw, itupun masih tambal sementara karena gw mengeluh nyeri di tambalan yang lama dan memang nyeri saat di bor, padahal bornya udah halus banget. sementara artinya gw mesti nunggu beberapa minggu untuk observasi dan kasih obat berkali-kali seperti gigi sebelumnya, sebelum akhirnya di tambal permanen. Makin akrab deh gw sama dokter gigi. Kalo kalian nyisihin sebulan uang buat nabung sama kaya gw buat nabung kontrol ke dokter gigi.
Dan setelah perawatan selesai baru deh lanjut odontektomi kemudian penggantian gigi gw yang sudah di cabut karena giginya udah mati. Gw yang dulu awan banget soal gigi sekarang jadi rajin banget baca-baca browsing2.

15 Januari 2014

Panoramic

Kepala masih pusing dan berat sepulangnya dari seharian main di rumah sakit.
Rumah sakit? 
Ketika gw pasang status di rumah sakit seketika hp gw rame dengan pertanyaan "periksa kandungan yah ke?" Amin pengennya sih gitu tapi episodenya belum sampe situ gimana dong.
Jadi atas rujukan dari puskesmas rawa lumbu yang mengharuskan melanjutkan perawatan di RS yang peralatannya lebih lengkap dan setelah mengimpulkan segenap keberanian untuk ke RS karena ga tau kenapa ke RS itu bikin gw merinding disko deh.

Pagi ini dengan cuaca agak setengah-setengah karena tadinya mau berangkat pun ragu, namun karena emak memberikan semangat 45 untuk berangkat yah melajulah gw ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi (RSUD Kota Bekasi) alasan memilih disini karena harganya terjangkau dan menurut mevi peratalannya juga masih baru-baru kok.

Sampai sana jam 9 karena pendaftaran pasien hanya sampai jam 10.
Ga RS pemeringah atau swasta sama aja yah kaya pasar, apalagi di loket yang pakai BPJS haduh isinya orang pada umpel umpelan. 
Daftarlah sebagai pasien baru, pada its been long long time ago gw pernah jadi pasien tifoid disini jaman SD itu juga. Biaya pedaftaran ke Poli Gigi Rp. 30.000,-
Setelah daftar naik ke poli gigi yang letakny di lantai dua, ambil no antrian lagi ternyata udah 24 aja sodarah...

Ga sampai setengah jam gw dipanggil, ketemu dokternya yang sudah agak berumur enak sih tegas, dan dia pun jawab pertanyaan gw dengan jelas. Singkatnya karena dokter mau liat seluruh struktur gigi gw, gw suruh foto panoramic dulu lah tuh. Yang ternyata tidak tersedia di RS ini tapi harus ke klinik parahita jaraknya deket sih untung bawa motor jadi gampang bolak balik. Langsung lah gw sama mama cus ke parahita, dan setiap gw ke dr.gigi gw harus ditemenin karena ga tau kenapa biasa setelah selesai tindakan gw bisa kliengan padahal sugesti aja.

Foto panoramic di parahita sama jasmednya seharga Rp. 160.000,-

Fungsi dari Panoramic Foto adalah untuk melihat keadaan gigi secara menyeluruh hingga jaringan tulang rahang, dan difungsikan untuk menegakan diagnostik.
Sistem kerja dari Panoramic Foto adalah alat pendukung perekam gambar akan bergerak memutar mengelilingi kepala, khususnya sekitar gigi, sehingga akan menghasilkan gambar gigi dan rahang secara keseluruhan. Dalam gambar yang dicetak dari hasil ‘jepretan kamera’ Panoramic Foto, dapat terlihat susunan gigi seseorang, baik yang bermasalah maupun yang tidak.
Dalam hal ini bermasalah dalam hal gangguan gigi, seperti gigi yang tidak tumbuh secara sempurna (menyamping), miring, kerusakan, hingga berlubang.


Dan hasil foto gw dibawah ini

Begitu liat hasilnya amazing juga karena ternyata gigi gw amburadul sangat.
Geraram bungsu harus diangkat empat-empatnya, ada sisa akar gigi yang juga harus diangkat dan gigi yang udah dua hilang harus pasang gigi implant supaya gigi gigi sebelahnya ga miring.

Lalu harus berapa lama lagi gw akrab sama dokter gigi?

11 Januari 2014

Muter Muter

Dan akhirnya malem ini sampe rumah dengan badan yang super kedinginan
Untuk pertama kalinya gw sama sahabat gw naik motor jauh banget, jauh banget versi kita soalnya biasa kita main deket aja.

Dalam rangka dia (si sahabat yang namanya ga bole disebut) mau menikah jadilah gw jadi korban seksi ngerepotin, ngerepotin soalnya gw yang nawarin diri buat bantuin dia (sebagai teman yang baik bin narsis) selain juga emang dia'nya percaya bener sama gw buat bantuin ngacak acak nikahannya nanti.

NgeRute...
Bekasi (rumah gw) - Klender (Mardika Catering) - Cipinang (Alfrianda Souvenir) - Cempaka Putih (Dira Sari Catering) - Bekasi (rumah gw).

Kayanya gw emang ada bakat buat jadi event organizer kali yah, coba berapa acara yang udah gw tangani endingnya berjalan sukses. Ahhh gw narsis banget sih (emang) dari mulai acara simple sekolah, kampus, skala RT sampe acara wedding beberapa temen.

Sayang 6tahun otak gw sempet terpenjara sampe ga bisa eksis (curhatnya tar aja kali ke).

Oke kembali ke benang merah, 
Sahabat saya (sebut saja Mawar) dia bilang gw survey cateringnya jangan banyak banyak deh bikin makin bingung udah yang udah pernah lo pakai aja. Dua nama catering diatas emang udah pernah gw pakai, apalagi nama pertama itu langganan kakaknya mama banget bahkan sepupu yang mau nikah pun pakainya itu. Untuk nama kedua, gw baru aja kenal pas nikahan saya september tahun lalu dan membawa acara pernikahan saya sukses berat makanya berani rekomendasiin deh.

Pilah pilih bla... bla... bla...
Akhirnya sreglah sama catering yang saya pakai pas nikahan saya.
Dan selanjutnya gw harus buka file nikahan kemarin, karena mawar minta bikini draft macam macamnya itu lah.

Entah apalah, tapi kalau ada temen yang nikahan itu apalagi temen deket itu rasanya gw ikut bahagia sebahagianya. Ikut berdoa semoga lancar semuanya dan semoga gw bisa memaksimalkan semua ide gw di acara nikahannya dia.



10 Januari 2014

Questions of Life

SD-SMP-SMA
Sekolah dimana? Negeri atau swasta?

Kuliah
Kuliah dimana? Fakultas/Jurusan apa? Emang mau jadi apa?

Kerja
Kerja dimana?

Udah kerja mapan
Pacarnya mana? Kapan nikah?

Udah nikah
Udah hamil belum?

Anak pertama lahir
Kapan nambah lagi?

Dan bla bla bla bla...

Itulah pertanyaan kehidupan, yakin deh kalian pasti pernah menghadapi pertanyaan semacamnya. Kalau kata sahabat kecil saya itu pertanyaan galau setiap orang kayanya.

Apapun itu semua pertanyaan hidup diatas pasti ada waktunya yang tepat. Tepat untuk menerima dan menjalaninya satu demi satu, tahapan demi tahapan. Kalau sekarang kalian belum melewatinya, bersyukurlah, bersyukurlah atas nikmatnya hidup kalian yang sekarang dijalani.

Karena waktu akan terus berputar.

9 Januari 2014

Hadiah Pernikahan

Beberapa minggu kedepan, alhamdulilah dapet banyak undangan dari teman-teman yang akan menyusul saya untuk membangun rumah tangga ((caelah bahasanya))
Sebagai teman yang baik apalagi sahabat-sahabat dekat yang menikah biasanya daripada kasih amplop saya lebih suka kasih hadiah, karena kalau hadiah kemanapun dia berada pasti hadiah dari saya akan dipakai.

Ngebahas soal "hadiah pernikahan"
Dulu pasti identik banget sama Seprei, sampai dulu tanya ke mama
N : "Kenapa ga dihadiahin setrikaan, atau alat-alat rumah tangga gitu sih ma?"
M : "Masa dikasih setrikaan?"
Alesannya karena seprei tuh simple dan pasti dipakai sama pasangan manten baru.

Setelah menikah, baru deh ngerasain pindah tempat tinggal (baca:rumah) terus melengkapi perintilan alat-alat rumah tangga, buka deh hadiah-hadiah pernikahan, ada yang sudah ada dan yang belum ada "kenapa ga ada yang kasih kado ini yah/itu yah?"

Memang mostly hadiah itu seprei, sepreinya bisa buat jatah setahun banyak banget.
Jadi hadiah pernikahan ga melulu barang-barang itu aja kok coba deh liat alat-alat rumah tangga atau alat-alat dapur sekarang unyu-unyu banget, saya dapet satu set peralatannya oxone aja senengnya bukan main.

Banyak alternatifnya buat kasih hadiah pernikahan ke sahabat.
E.g :
Alat-alat dapur & meja makan (satu set pisau dapur, sendok garpu, piring, gelas yang unyu)
Kipas, setrikaan, kompor, rak yang lucu-lucu buat dikamar, toples-toples lucu buat di ruang tamu.
Peralatan kamar mandi
Dan masih banyak keanekaragaman barang lainnya.

Berhubung saya sama suami seneng banget yang namanya ke toko pertalatan rumah tangga, disana banyak pilihan yang bisa dijadiin bingkisan buat temen-temen yang pasti bakalan useful banget deh.

7 Januari 2014

5 years passed

11tahun 2bulan, usiamu ketika itu...
Ketika kamu harus menyudahi perjuanganmu di dunia yang fana ini.
Kurang lebih sepanjang usiamu engkau berjuang, melawan segala sakit yang ada di tubuhmu.
Keluar masuk rumah sakit dan keluar masuk ruang operasi.

Pria kecil ini,
Pria dambaan orang tua kami
Pria berparas manis, berkulit putih, behidung mancung.

Kalau saja kamu masih hadir bersama kami, pasti kamu bisa melindungi kakak-kakakmu ini.
Kakak sayang sama kamu.
Maaf, kalau semasa hidupMu kakak punya salah atau kurang perhatian sama kamu.

Temani Papa disana ya Dek'
Kakak selalu doakan papa dan kamu dari sini.

In Memoriam of Adyatma Mahardhika Wiedha.
7 Januari 2009 - 7 Januari 2013

4 Januari 2014

Sister


A sister is the one who makes life easier to live
Whom you can share our likes and dislikes with,
She is the one who tells us her vast secrets and feelings
And asks us to do the same,
And has the rights to know all our friends' name.
She makes us feel comfortable when we are sad,
She guides us the right way when we are bad,
She is more than any word can tell,
She holds us when we tend to fall.
She comes to know our problems through our eyes,
She is of course naughty but wise,
She is my life's sunrise.
We should always make oneself full
of these qualities to be a sister.
And my Sister you are the most beloved to me
As you care so much for me


3 Januari 2014

Do not underestimate the language or literature graduate



Saya lulusan bahasa tapi saya kerja di bank.
Terus apa lulusan bahasa atau sastra itu harus mentok dengan pekerjaan yang itu itu aja.
Malah ga jarang orang meremehkan lulusan di bidang ini
We'll see...
agak narsis dikit gapapa yah *wink

Ini percakapan yang sama antara saya (N) dengan beberapa orang (O)
O : "kamu kuliah dimana?"
N : "STBA LIA"
O : "LIA itu bukannya lembaga bahasa yah emang ada kampusnya? Kok bisa lulusan bahasa kerja di bank?"
N : "yah bisa lah kan masuk sini juga ikut beragam test"

Percakapan seperti itu sudah sering terjadi sama saya
Dulu ketika saya lulus kuliah sempet bingung juga mau kerja dimana karena background bahasa dan sastra Inggris menjurus ke pengutamaan jurnalistik. Jadi guru atau kerja media itu dah pernah saya coba  belakangan orang tua saya pengen banget saya kerja di bank dengan alasan di kerja di bank itu enak. Dan ketika saya curhat sama salah satu temen jauh, hah elo mau coba di bank emang bisa lulusan bahasa kerja di bank biasanya kan jadi guru.

Kemudian sebuah pembuktian terbukti, saya berhasil lolos test psikotes dan lain lain di sebuah bank swasta, kemudian timbul pertanyaan diatas. Bahkan saya cukup lama di institusi ini kalau bukan karena peraturan saya masih berada disana dengan seragam itu.

Menurut saya...
Perusahaan pasti mencari karyawan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, namun saya sendiri suka menganggap bahwa tempat saya bekerja itu tidak jauh seperti sekolah atau kampus singkatnya tempat belajar, karena tepat kita bekerja itu juga tempat kita belajar. 
Belajar tentang perusahaan tersebut, 
Belajar bergaul dengan rekan-rekan dan atasan kita,
Untuk pekerjaan di bidang Service seperti saya belajar gimana membangun Customer engagement dengan Customer kita.

So, buat kamu pendidikan apapun yang kamu tempuh saat ini nanti ketika lulus kamu bukan berhenti belajar tapi akan terus belajar.

Dan do not underestimate the laguage or literature graduate 
Karena bahasalah kita bisa saling berkomunikasi dengan baik satu sama lain
Karena sastralah kita belajar kebudayaan 
Dan bisa keliling dunia...

2 Januari 2014

Jakarta Night Festival "JNF" (the first and the last)

Ini dia ceritaaan ngapain aja tahun baruan kemarin.
Jadi 2013 to 2014 kita memilih merayakan tahun baruan sendiri-sendiri karena suami ada tugas negara, gapapa rejeki tahun baru. Mumpung masih bisa tahun baruan yang agak extreem juga.

Jakarta udah dua tahun ini sejak ganti gubenur Jokowi mengadakan yang namanya Jakarta Night Festival (JNF). JNF ini semacam Car Free Day cuma diadain di malam pergantian tahun kawasan seputaran sudirman-thamrin ditutup buat panggung hiburan dan aneka acara lainnya termasuk banyak segala macam jajanan dari pedagang kaki lima. Kalau tahun lalu wilayan yang ditutup mulai dari senayan sampai monas, tahun ini hanya dari bendungan hilir sampai monas.

Nah tahun ini gw dan teman-teman memutuskan untuk menghabiskan malam tahun baru kemarin ke JNF ini. Perjalanan dimulai dari jam9 dari kawasan bendungan hilir. Mau tau gimana ramainya, wihh entah ada beribu orang tumpah ruah dijalan ini, segala pegadang kaki lima dengan berbagai jajanan makanan minuman dan yang pasti penjual terompet dan kembang api. Ini beneran pemandangan yang tahun lalu cuma gw liat cuma dari layar televisi, berbagai macam orang dari yang kece sampai yang dekil ada semua. Hujan yang turun beberapa jam sebelumnya pun ga mengurai pengunjung.
Gw sendiri biasa olahraga di kawasan ini tiap minggu pagi tapi malam itu buat jalan dari bendungan hilir sampe hundaran hotel indonesia itu cape banget.

Ada 16 panggung hiburan yang di bangun dari sudirman-monas, dengan banyak tenda-tenda jajanan disekitarnya dan sempet icip-icip jajan juga.
Kita sempet terjebak di depan panggung di depan gedung UOB karena ada panggung yang sumpah itu penontonnya crowded banget. Dan perjalanan berakhir di depan hotel mandarin pas pemandangan video maping, karena mau jalan kedepan juga udah ga ada space buat jalan sangking banyaknya orang.

Kembang api sudah dimulai sejak pukul 23.00 WIB bertepatan dengan pukul 00.00WITA.
Dan tepat pukul 00.00 WIB 2013 berganti ke 2014.
Rasanya berada dikerumunan orang dan nyala kembang api yang begitu banyaknya itu pengap luar biasa, debu-debu dari sisa pembakaran kembang api biasa bikin sesak nafas (untung pake masker).

Setelah perhelatan kembang api selesai kita jalan lagi pulang. Jalannya udah kaya mahasiswa lagi ospek mesti pegangan satu sama lain kalo ga bisa kepisah rombongan/jatuh.

Ide pesta rakyat milik pakgub jokowi ini sebetulnya bagus sih. Namanya kekurangan setiap acara pasti ada kekurangannya dan sayangnya after party tahun baruan ini menyisakan banyak sekali sampah dan taman-taman ditengah sudirman-thamrin itu porak poranda. Padahal sudah disediakan tempat sampah di beberapa spot tapi kembali lagi kepada masyarakatnya mau sadar membuang sampah pada tempatnya atau ga.

Inilah keriuhan pesta malam tahun baru, maaf karena gambarnya agak under karena diambil dari kamera gadget tua hehehe...













1 Januari 2014

365 blank pages



Always make a Wish list to welcome a New day
Then, scratch a drafnya plan on what I must to do to make wishes come true
At the end
Look back to what bale to realize
All wishes may not have come true but at least
The thing that I was able to realize give me a sence of achievement
Besides I also learn from what I’ve not achieved yet.