Kamis, 29 Oktober 2015

[kevia] 1 Bulan

Mari kembali flash back 3bulan kebelakang setelah hadirnya kevia di rumah.

Kevia lahir dengan berat badan 3kg untuk silsilah ukuran keluarga saya 3kg itu termasuk kecil karena di keluarga saya bayi pasti lahir di atas 3kg. Satu bulan pertama buat saya itu penyesuaian sekali ternyata mengurus anak itu memang harus terus belajar baik dari buku, ahlinya dan tentunya yang sudah berpengalaman. Eits tapi yang perlu diingat mengurus anak itu harus di sesuaikan dengan jamanya sekarang 2015 jadi jangan samakan dengan mengurus anak di tahun saya lahir.

Lahir sehat ga kurang satu apapun cantik kulitnya putih bersih seperti papanya, rambutnya hitam tebal kalau yang ini turunan keluarga saya. Terpesona setiap melihatnya.

Kehamilan saya yang tidak begitu banyak kendala ternyata ada cobaan setelah bayi terlahir.

Usia 5 hari...
Kevia kuning, bilirubin normal jadi ga perlu di sinar hanya terapi jemur pagi hari sama asinya sejam sekali atau sesering mungkin. Sebagai emak baru saya sedih nyusuin sejam sekali sementara belum lancar dan belum nemuin posisi pas (bahasa kerennya Lacth On). Menurut Dokter kuning pada bayi itu wajar karena organnya memang belum bekerja dengan sempurna. Setelah sembuh dari kuning.

Usia 10 hari...
Kevia Alergi yang menurut dokter alergi dari asi seluruh badannya muncul bintik-bintik eh bukan apa ya bahasanya melenting-melenting kaya cacar air. Ya seluruh badan termasuk muka, bayangkan bayi yang belum genap sebulan mesti ngalamin hal seperti ini. Oleh dokter di berikan antibiotik plus salep. Sepupu saya bilang tetangganya ada yang pernah seperti kevia dia usapin minyang bangleng dan sembuh, saya coba saran sepupu saya tapi bukan makin membaik malah jadi seperti luka bakar. Jangan di tanya perasaan saya kaya apa waktu itu hampir tiap hari nangis, apalagi drama menyusui mungkin karena pipinya luka alergi setiap nguap atau nyusuin tiap itu juga kevia nangis. Nyari jalan lain supaya asupan tetep masuk akhirnya saya perah dan saya suapin dengan sendok.
Sebulan seluruh badan kevia baru bersih kembali sebulan itu pula saya selalu menolak kalau ada yang mau dateng buat jenguk bukan apa saya ga tahan dengan komentar macam-macam daripada saya mewek terus.

Satu bulan pertama benar-benar penyesuaian buat saya dan kevia,
Begitu banyak drama sampai-sampai saya ga bisa jauh dari suami kalau dia kerja saya pasti nyuruh dia segera pulang. Mungkin ini yang namanya baby blues.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar