Selasa, 08 November 2016

Trimester Satu [Hamil ke Dua]

Trimester Pertama.
Di mulai dari Minggu Pertama - Minggu ke-12 dan di hitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

...

Bulan 1
HPHT Tanggal 24 April 2016
Bulan pertama ini masih belum tahu kalau hamil, sampai sebulan terlewati.

Bulan 2
Seharusnya saya haid lagi 24 Mei karena setelah hamil, melahirkan, dan haid lagi jadwalnya suka mundur akhirnya saya santai saya sampai tanggal 27 Mei tapi namanya wanita ya ngerasa aja kalau ada perubahan di tubuhnya. Kok pegel tapi tidak seperti biasanya gampang lelah juga dan yang paling mencolok payudara saya sakit, ini gejala sama persis ketika tanda-tanda hamil yang pertama. Akhirnya pagi itu saya Test Pack dengan hasil Positif. Perasaannya gimana galau-galau aduhai antara senang sama khawatir tapi harus di jalani.

Mual,pusing, badan sakit.
Ini saya rasakan mulai di Minggu ke-7. Saya tidak langsung memeriksakan ke dokter ingat pengalaman yang pertama janin baru terlihat di minggu ke-8 jadi saya memutuskan untuk ke dokter nanti saja.

Bulan 3
Menjelang minggu ke-9 saya baru ke dokter, USG dokter sesuai dengan HPHT perkiraan lahir antara 31 Januari - 7 Februari paling lama, kali aja lahir 28 Januari jadi ulang tahunnya sama kaya papanya. Saya kembali ke dokter kandungan yang sama suster asisten beliau sudah senyum-senyum ketika melihat saya di ruang tunggu. Dokter bilang tidak masalah anak saya pertama dan kedua malah jaraknya lebih dekat, paling tidak dokternya ngasih semangat.

Puasa.
Kebetulan sekali bulannya ketemu bulan puasa, puasa saya maju mundur kalau sudah mual atau lemas saya lebih milih untuk tidak puasa apalagi sambil ngasuh kevia benar-benar butuh asupan tambahan akhirnya bisa dihitung saya hanya menjalankan puasa berapa lama.

Mudik Lebaran.
di minggu ke-11 kami mudik ke pekalongan. Beberapa hari sebelum berangkat saya konsul ke dokter dan di berikan beberapa resep untuk persediaan selama mudik lebaran. Ini yang super saya menghabiskan waktu di perjalanan selama 33 jam hebatnya mual sirna dan badan sehat walafiat hanya\sedikit pegal-pegal karena terlalu lama duduk dalam kendaraan. 

Trimester Pertama ini yang paling di rasain :
  • badan mudah pegal, lelah
  • cepet ngantuk bawaannya pengen tidur aja
Saran dokter asupan makan harus seimbang, jangan lupa perbanyak minum air putih, vitamin jangan lupa dan di tambah susu kalau suka. Well itu singkat cerita TM-1 kehamilan kedua saya.

...

2 komentar: