Rabu, 29 April 2015

Perihal Milih Nama Anak

Nama itu doa dari orang tua. Perihal menamai anak jangan sembarangan harus pilih yang tepat dan yang punya arti baik.

Mama saya dari jaman saya sekolah selalu mengingatkan kelak kalau punya anak kasih nama jangan ribet-ribet kasian anaknya kalau lagi ujian sekolah temen-temannya yang punya nama pendek udah ngerjain soal tar anak kamu namanya panjang masih sibuk ngurek-ngurek nama di lembar jawaban. Eh tapi saya belakangan mikir dulu pas saya ujian baik ebtanas, UN, masuk perguruan tinggi emang jawabannya di lembar kertas yang harus di bulet-buletin pake pensil 2B. Nah seiring perkembangan jaman kelak pas anak saya ujian masih pakai metode ini ga yah apa udah komputerisasi kalau sudah komputerisasi artinya ga perlu sibuk bulet-buletin lembar jawaban dong. OK skip itu cuma intermezzo.

Kalau di luar negeri mungkin kita mengenal yang namanya first name, middle name, given name. Kalau budaya di indonesia sepertinya jarang yah pakai urutan nama seperti diatas. Saya sendiri ingin mengikuti budaya Alm. Ayah saya beliau selalu memberikan nama anak-anaknya dengan 3 suku kata dan berakhir dengan nama belakang nama beliau, buat saya dan adik saya menyandang nama ayah itu ada sisi yang membanggakan. ceritanya biar orang kalau lihat namanya aja udah tahu kalau kita saudara kandung. Penting juga nanti nama anak saya harus socialmediaable (apa deh ini bahasanya) pokoknya gitu deh.

Pemilihan bahasa.
Sejak lama jatuh cinta sama nama-nama yang berasal dari bahasa jawa atau nama pewayangan dan bahasa sansekerta, saya sampai ngubek di internet nyarinya. Karena nama saya pun terselip nama pewayangan jawa.

Sudah ketemu atau belum? Dari hamil 4bulan udah nemu beberapa kata untuk nama anak laki-laki atau perempuan, karena anak dalam kandungan ini baru bener-bener mastiin gendernya apa pas usianya 7bulan ini jadilah kita sampai siap 2nama. Etapi belakangan setelah tahu gendernya apa kita malah pengen rubah namanya.

Cucu pertama di keluarga saya.
Si calon bayi ini adalah cucu pertama di keluarga saya wajarlah kalau Mama saya mau ikut serta nyumbangin nama buat cucunya, kemarin waktu pulang ke rumah mama, beliau sudah bilang pokoknya mama mau manggil si ade (______) baiklah panggilannya kebetulan ga jauh beda sama nama yang kami pilih. Peer sekarang masih mencari nama tengah yang sesuai untuk calon anak tercinta ini.

Ada yang punya ide nama bagus kah, boleh di share^^

2 komentar:

  1. Saya sejak masih remaja udah punya rencana nanti kalo dikasih anak perempuan sama Allah mau dikasih nama Mikayla. Tiga bulan setelah saya menikah, sepupu suami melahirkan anak perempuan & anaknya itu dikasih nama Mikhayla. Saya sekarang belum hamil sih, tapi rasanya nyesek banget nama yang udah dicita-citain sejak bertahun-tahun yang lalu diambil sama sodara :(

    Tapi Mbak Wiedha boleh pake kok kalo emang merasa cocok dengan nama itu. Hehe...

    Salam kenal yaa, Mbak :)

    Dara | Hola Darla | @DarlaOct

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi Dara, salam kenal juga ;)

      wah nampaknya nama mikhayla lagi booming ya.
      aq masih baca sana-sini milih buat nama tengahnya nih, mudah-mudahan segera ketemu. ternyata milih nama itu susah-susah gampang.

      Hapus