18 April 2016

Exclusive Pumping Mama Indonesia Kopdar Pertama

Buibu Gank Bekasi
Sebelumnya saya pernah cerita sedikit tentang perjuangan saya memberikan asi exclusive dengan metode eping di sini sampai saya sempat sedikit putus asa dan mau nyerah rasanya. Dikala kegalauan saya saat itu saya browsing lah di Facebook siapa tahu ada grup yang mewadahi ibu-ibu yang bernasib sama seperti saya. Sampai akhirnya diberikan jalan menemukan grup ini Exclusive Pumping Mama Indonesia (EPMI) ternyata saya tidak sendiri banyak juga ibu-ibu yang harus berjuang memberikan asi dengan eping.

Grup yang di prakarsai oleh Mak Prasetyawati Wahyu ini berdiri pada tangga 24 September 2014 yang saat ini membernya sudah 6500 di seluruh indonesia. Grup ini berdiri dengan latar belakang kurangnya dukungan terhadap ibu yang memberikan asi secara tidak langsung, memberikan media sharing dan supproting untuk ibu menyusui.

Setelah sekian lama kami hanya di pertemukan di media facebook untuk pertama kalinya Minggu, 17 April kemarin kami di pertemukan di acara kopdar pertama grup ini bertempat di Klinik Dr. Ahmad Mediana SpOG AMS (Applicative Medical Care System) di Jl. Kemang Timur Raya No. 23 Jakarta Selatan. Namanya ibu-ibu dipertemuaka dalam satu event pasti seru banget. Acara di bagi beberapa sesi. 
Acara di mulai dari pembukaan oleh MC, Pengenalan tentang Klinik AMS yang menyediakan beberapa fasilitas tentunya untuk yang akan, sedang, mau, dan sudah melahirkan. Dokter Spesialis anak, Dokter Gigi, serta kebidanan. Konon katanya Klinik ini sudah hits seantero ibu-ibu terutama Dr. Achmad Mediana SpOG. Beliau juga yang menciptakan Program Memo Bayi nanti saya ceritain.

Sesi Dr. Achmad Mediana SpOG menjelaskan tentang bagaimana kita merencanakan kehamilan dan merencanakan generasi yang berkualitas. Berikut Kutipan dari Beliau,

Sehat adalah sesuatu yang mutlak saat menjalani masa kehamilan. Ibu yang sehat akan menjadikan janinnya juga sehat. Selanjutnya, akan lahir bayi yang sehat. dari situlah generasi penerus yang sehat jasmani dan rohani. Inilah mimpi besar saya untuk negeri ini, bahwa suatu hari Indonesia akan memiliki manusia yang sangat ungguldi banyak bidang kehidupan. bahwa kita bisa menciptakan generasi penerus yang hebat, cerdas dan berguna bagi masyarakat. Semua berawal dari Ibu dan kandungannya. Kesehatan Ibu dan Anak adalah awal yang sangat penting bagi kehidupan yang bermanfaat, kehidupan indonesia yang hebat.

Dilanjutkan dengan Sesi Dr. I Made Indra Waspada, SpA.
Siapa di antara ibu-ibu yang kalau anaknya demam ga panik. Haha ga mungkin ya sekalem-kalemnya saya kalau anak demam pasti tetep panik. Nah Dr. Made ini menjelaskan bagaimana penanganan terhadap demam anak.

Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas normal dari suhu biasanya. Penyebabnya bisa karena proses infeksi, autoimun, atau keganasan. Penegakan diagnosis berdasarkan atas pola demam, pemeriksaan fisik dan laboratorium. Pola demam sangat penting untuk membantu menentukan jenis penyebabnya. Dengan rutin memcacat suhu badan anak sehingga bisa digambarkan pola demam yang ada. 

Tips dari Dr. Made :
  • Coba untuk tidak panik bayi mudah stres jika ibu stres.
  • Ukur suhu tubuh bayi anda.
  • kompres tubuh dengan air hangat, pastikan banyak minum untuk menghindari dehidrasi.
  • jaga bayi/anak dalam keadaan nyaman.
  • siapkan selalu perlangkapan P3K di rumah.
  • konsultasikan ke dokter kapan harus membawa buah hati ke dokter bila terjadi demam agar mendapat penanganan yang lebi tepat dan cepat.
Acara ngumpul begini ga afdol dong kalau ga bagi-bagi door prize yang mana doorprize utamanya menggiurkan satu buah electric breastpump dari malish wow. Yang pasti door prize yang lain juga bermanfaat dan oke-oke. Sayangnya kali ini saya belum hoki tapi jangan di tanya pulang bawa tiga gudibek yang isinya kebutuhan bayi dan ibunya.

Sesi acara berlanjut dengan tanya jawab, perkenalan Founder EPMI yang biasa hanya kita temui di dunia maya sekarang di dunia nyata. Kenalan juga sama panitia yang mau repot-repot bikin acara meriah ini. Makan siang, eh jangan salah dari pagi kita sudah disuguhi dengan berbagai cemilan namanya juga busui butuh asupan banyak. 

Seperti cerita saya di atas Klinik AMS ini punya semacam progam yang di namakan Memo Bayi apa itu dan bagaimana cara daftar dan pakainya. Saya posting terpisah ya. 

Selanjutnya ada Demo Masak dari Sasa yang juga mengenalkan produk barunya Santan Bubuk Sasa. Masaknya apa menu favorit anak dan ibu Ayam Goreng Kentuky saya sendiri udah sering bikin tapi dari demo ini jadi lebih tahu ilmunya gimana bikin biar lebih krispi. Ditutup dengan Foto-foto bersama semua ibu-ibu. Semoga grup ini makin jaya dan bisa bikin acara yang lebih kece lagi.
EPMI Kopdar Pertama

5 komentar:

  1. Kereeen mak...thanks ya udh dtg, mudah2n next kopdar dpt doorprize uhuyy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik tar kopdar lagi borong doorprize

      Hapus
  2. itu akuh di belakang sana
    keliatan keciilllll bener

    BalasHapus