19 Januari 2017

Melahirkan dengan Fasilitas BPJS

Saya lahiran pakai bpjs dicuekin.
Iya kemarin pakai bpjs duh bidannya cuek-cuek lahiran pagi siang sudah suruh pulang.
Pengen pakai bpjs tapi katanya kalau pakai bpjs dilayaninya alakadarnya.
dan banyak komentar lainnya perihal melahirkan dengan fasilitas bpjs.

---


Sejujurnya ketika hamil arkha kami agak keder dengan biaya melahirkan, mengingat tahun 2016 tahun resesi keuangan deh buat kami, sedang mencoba menabung lagi. Karena tahun 2017 pengeluaran kami pasti akan lebih banyak. Suatu ketika lagi ngobrol sama bidan posyandu beliau nanya "Mba Nuke punya BPJS kan pakai BPJS aja nanti lahirannya". Oiya ya selama ini kan BPJS saya ga pernah dipakai, berkat BPJS inilah kami tertolong.

Mulailah saya cari info melahirkan dengan BPJS termasuk gimana layanannya kepada beberapa ibu di posyandu yang juga pernah melahirkan dengan BPJS, ya itulah hampir komentarnya biasa saja alias lempeng. Lalu mikir lagi apa pakai pasien umum aja ya biar sama dokter karena kalau pakai BPJS hanya sama bidan. Ah tapi saya mencoba yakin saja deh toh bidan juga sudah terdidik di bidangnya untuk menangani kelahiran.

Syarat-syarat melahirkan menggunakan fasilitas BPJS :
1. Fotocopy BPJS
2. Fotocopy KTP Suami Istri
3. Fotocopy Buku Nikah
4. Fotocopy Kartu Keluarga
Masing-masing di buat 3 rangkap.


Ketika sampai di klinik kan saya sudah bukaan8 disitu saya langsung di tangani dengan baik sampai selesai semua bersih. Beberapa jam kemudian saya di pindah ke ruang rawat. Jatahnya BPJS dapat ruang rawat kelas 3, semua dilayani dengan baik dan selalu di dampingi bidan. Saat saya kesulitan menyusui awal pun mereka mngajari saya.

Keesokan harinya pun saya masih dilayani dengan baik dari mulai memantau kesehatan saya dan makanan. Saat pulang pun bu bidan mendampingi sampai saya masuk ke kendaraan. Menurut saya semua baik tidak ada yang mengecewakan. Jika ada yang kurag saya maklumi lah namanya juga di klinik bersalin fasilitasnya pun beda dengan rumah sakit besar yang lebih komplit.

Alhamdulillah ini rejekinya arkha kelahirannya dipermudah, penggunaan fasilitasnya pun dipermudah.

Jadi ga ada salahnya melahirkan dengan BPJS saya yakin kalau kitanya positif thinking insya allah semua baik.

2 komentar:

  1. Mba kalo boleh tau, waktu lahiran dengan BPJS diman? Melahirkan normal kah? Ditanggung 100%? Karna ada info katanya kalo normal hanya dicover 600rb saja,mohon info nya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya melahirkan normal di klinik guci medika rawa lumbu, alhamdulilah lahiran sore nginap semalam pulang keesokan sorenya semua di tanggung. Saya juga pernah dengar jatah melahirkan bpjs hanya 600rb.

      Hapus