5 Januari 2016

Fun Blogging 8 : Dari Hobi Menjadi Profesi


Mengenal dunia Blogger sejak masa kuliah tahun 2007 saat itu blog hanya sebuah media yang saya gunakan untuk latihan menulis dan curhat maklum sejak SD saya sudah suka menulis diary yang isinya kegiatan sehari-hari. Saat itu saya tidak berfikir untuk menjadikan Blog sebagai media komersial yang bisa menghasilkan materi. Seiring berjalannya waktu kini Blogger tak lagi hanya sebuah Diary untuk curhat semata tapi digunakan untuk media promosi maupun ulasan dari sebuah produk atau acara tertentu bahkan sebuah pekerjaan tetap.

Nah, saya yang sudah lama off dari dunia per-blogger-an mulai kembali tertarik untuk menata blog pribadi saya jadi blog profesional, cita-cita untuk bekerja di rumah saja membuat saya ingin serius menulis blog. Untuk melancarkan niatan saya ini mulailah saya mengikut berbagai komunitas blogger.

Tanggal 19 Desember 2015 yang lalu saya berkesempatan mengikuti Kegiatan Fun Blogging 8 Komunitas yang di prakarsai oleh Mba Shintaries, Mba Haya Aliya Zaki, dan Mba Ani Berta ini mengajak kita untuk memperdalam lagi Bagaimana sih nge-Blog yang baik dan benar? Acara yang diselenggarakan di Gratia Centre Jl. Ciputat Raya No. 62 Pondok Pinang Jakarta ini Mengangkat Tema “Dari Hobi Menjadi Profesi” pas banget siapa tahu saya juga bisa berkesempatan menjadi Blogger Profesional setelah ikut kegiatan ini.

Terbagi dalam 3 sesi yaitu Writing Great Content, Advancing Your Blog Platform, How To Monetize Your Blog Through Branding. 

Writing Great Content

Sesi pertama di bawakan oleh Mba Haya Aliya Zaki beliau adalah seorang editor dan mom blogger, beliau mengajarkan bagaimana sebuah tulisan bisa bertenaga tidak hanya tulisan jurnalistik saja yang berpedoman pada 5W+1H, dalam menulis cerita di Blog kita juga perlu memperhatikan kaidah tersebut selain itu EDY dan menghidari typo, no copy paste menjadi syarat wajib. Itu sebabnya kenapa sebelum memposting sebuah tulisan kita perlu membacanya berulang-ulang agar tidak salah kalimat atau arti. Kalau kita menulis untuk media ada editornya nah sebagai blogger editornya ya diri kita sendiri.

Berada di sesi ini saya seperti sedang kembali berada dalam kelas ketika kuliah News Getting & Reporting sebagai mantan mahasiswa jurnalistik tentunya saya masih sedikit banyak mengingat tentang kaidah penulisan walau sudah lama ilmunya tidak diterapkan.

Menulislah dengan hati jangan malu untuk sharing melalui sosial media yang kita miliki.

“Sesungguhnya ‘nafas’ Blog kita adalah KONTEN – Bang Win”

Di sesi ini di selingi oleh presentasi dari Ibu Martha Simanjuntak Founder IWITA, apa sih IWITA? WITA (Indonesian Women IT Awareness) adalah Organisasi Perempuan Indonesia Tanggap Teknologi Informasi. Merupakan organisasi berbadan hukum yang memiliki kegiatan dibidang Sosial dan bersifat Nirlaba yang memiliki kegiatan antara lain pendidikan, pelatihan, seminar, lokakarya, sosialisasi, promosi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang perempuan dan teknologi informasi.

Sebelum rehat makan siang kami menyimak sedikit tentang “Nutrisi Untuk Bangsa” Satu gerakan yang diprakarsai oleh Sarihusada untuk mengingatkan kepedulian gizi masyarakat Indonesia, di sini diperkenalkan website yang berisi tentang berbagai artikel informasi yang bermanfaa. kita juga dapat berpartisipasi di web tersebut untuk berbagi informasi. Buat mama baru seperti saya tentunya informasi seputar gizi sangat bermanfaat.

Foto Courtesy : IWITA Jkt

Advancing Your Blog Platform

Di sesi ini kita berbagi bersama Mba Shintaries, siapa yang tidak kenal dengan Founder Blogger Perempuan ini saya sendiri sering kepoin Instagram beliau dan tentunya pembaca blognya. Di sesi Mba Shintaries ini beliau berbagi bagaimana membuat blog indah di pandang mata dengan layout sederhana tapi menarik. Kalau inget soal layout blog jadi inget jaman muda dulu (eh sekarang juga masih muda kok). Blog warna-warni ada tulisan berjalan trus tak lupa setiap buka selalu ada musik yang mengiringi, waduh alay banget lah itu beruntung sekarang sudah insaf.

Gimana pembaca mau betah berlama-lama di blog kita kalau blognya sudah diakses terus layoutnya gonjreng, yang ada baru buka udah langsung di tutup lagi. Selain itu di sesi ini saya jadi sedikit mengerti tentang blogging tools, blog platform, google analytics, klout score, social media, SEO (Search Engine Optimization), Personal Branding.

Sejujurnya di sesi ini saya sedikit blank karena selama ini tidak pernah mematok harus ada di level nilai berapa blog atau social media saya tapi setelah pulang dari workshop ini saya jadi utak-atik sendiri deh tentang blog platform,dll


How to Monetize Your Blog Through Branding.

Pengen jadi Profesional Blogger yang punya penghasilan mengiurkan? Saya, pengen banget pasti. Di sesi akhir yang di bawakan Mba Ani Berta seorang Blogger yang juga aktif sebagai Digital Media Activist memberikan banyak kiat-kiatnya agar blog kita bisa menghasilkan materi baik dalam bentuk uang, produk, atau jalan-jalan gratis. Beberapa pekerjaan yang bisa kita dapatkan dari blog Review Produk dan Jasa, Peluncuran Produk, Penyelenggaran Give Away untuk suatu Brand, dll.

Di sini juga di bagikan tips bagaimana memperoleh pekerjaan dari blog, twitter, facebook dengan baik dan tetap selektif. Jangan malas untuk update blog, ikut dalam komunitas, live tweet jika diundang ke acara tertentu, rajin-rajin ikut lomba, Blog Walking selain mengasah kemampuan untuk menulis konten yang baik juga untuk menambah networking siapa tahu kan ada yang ngelirik blog kita.

Workshop ini di Sponsori oleh IWITA, Sarihusada, Pixy, Qwords, DAG.

Setelah mengikuti workshop ini dan bertemu dengan teman-teman yang sudah senior di dunia per-blogger-an berasa melek mata dan harus belajar lebih giat lagi untuk jadi Blogger Profesional, ini saya jadikan salah satu Resolusi 2016 supaya bisa menulis dengan lebih baik dengan konten yang bertenaga dan konsisten.

11 komentar:

  1. Seru ya ikut fun blogging, mbak Nuke ternyata masih muda bangeeet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat ilmu banyak ya mba astin, hehehe jadi malu akuh masih 25an nambah dikit.

      Hapus
  2. Salam kenal, Mbak Nuke. Resolusi yg sama. Yuk, wujudkan resolusi kita. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba, mari semangat nulis^^

      Hapus
  3. Very inspiring Mba Nuke. Semoga aku juga bisa jadi rajin ngeblog. Mari semangat menulis Mba Nuke ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling menyemangati ya saya juga suka up and down semoga tahun ini rajin terus. Amin.

      Hapus

  4. Mbak Nukeee, reportasenya informatif sekaliiii. See you next yaa, kemarin belum sempet kenalan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. sa,a-sama salam kenal see you next time ya

      Hapus
  5. Makin semangat ya nulisnya, kita udah dimodalin "senjatanya" hihihihi. Salam kenal mba, semoga bisa bertemu lagi di event berikutnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba roos, semoga makin rajin nulisnya habis fun blogging 8

      Hapus
  6. Nice mbak jadi semangat ngeblog :D

    BalasHapus