Kamis, 07 Januari 2016

Memulai MP-ASI

Setelah beberapa waktu lalu saya mempersiapkan alat tempur untuk mpasi sekarang saatnya berkutat dengan menu mpasi. Jika dihitung dari hari lahirnya K! 180harinya jatuh di tanggal 11 Januari dan tepat 6 Bulan di 15 Januari, mengingat beberapa saran teman dan saran teman yang juga ahli medis gapapa kok mpasi segera karena berat badan K! yang naiknya minimalis sekali. Akhirnya saya putuskan untuk memberikan mpasi K! 5 Januari saat usianya 5 Bulan 3 Minggu.

Sudah di konsultasikan ke ahlinya?
Terakhir saya ke Dokter Spesialis Anak (DSA) pas usia K! 3Minggu selebihnya saya vaksin, dll di Posyandu dekat rumah ortu karena memang kami masih numpang di rumah ortu. Bukan tidak sayang sama anak tapi perbedaan pola asuh kami (saya &suami) membuat kami galau, rungsing, malah tar jadi stress akhirnya daripada durhaka nurut aja apa kata ortu., walau bertentangan dengan hati.

Bicara soal pola asuh nanti saya tulis di postingan terpisah.

Menu mpasi pertama saya buatkan bubur beras merah dari tepung gasol di campur dengan asip. Pasti bilang saya ga kreatif, biarin deh namanya juga awal sah-sah aja kok. Ajaib dari sesendok tepung gasol di tambah 200ml air bisa jadi bubur untuk 3x makan, ssttt jangan ditiru contoh emak yang jarang masak ini. 

Nyuapin anak untuk pertama kali itu deg-degan takut dia nyembur, nolak atau ga doyan ternyata pas disuapin anaknya senang hati lahap makannya dan tersisa hanya sedikit. Wah pastinya mama senang dong ya berharap akan selalu seperti ini anak makan lahap sentosa. Diingetin temen yang sudah mpasi duluan kasih makan anak juga ada triknya biar makannya juga lahap. Kebetulan K! saya suapin setelah bangun tidur pas lagi laper jadi doyan.

Setelah ini PR saya ngatur menu deh, karena sudah komitmen untuk memberikan mpasi masakan sendiri jadi saya yang tak pernak mendapur ini akan belajar memasak untuk anak, semoga lancar selalu ya nak mamamnya.

2 komentar:

  1. mba memulai mp asi, saya lagi mulai nyapih. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Galau ya mba,
      Aq juga galau pengen relaktasi nih. Kangen nyusuin langsung lagi seperti dulu.

      Hapus