9 Februari 2015

Kode Stiker pada Buah & Sayuran

Beberapa minggu lalu pemberitaan heboh dengan buah Apel yang mengandung bakteri yaitu Apel Granny Smith dan Gala yang berasal dari Amerika Serikat. Saya termasuk yang sering konsumsi buah apalagi apel buat sarapan pagi itu pas banget (sedang membiasakan sarapan buah) Apel yang saya beli sih bukan kedua jenis apel yang heboh di beritakan itu tapi sejak pemberitaan itu saya jadi lebih selektif lagi dalam berbelanja buah-buahan dan sayuran, kaya pernah belanja sayur aja lo ke paling banter juga sama tukang sayur langgananan (baca : Udin).

Kalau belanja Buah pernah merhatiin ga sih Stiker kecil yang nempel di Buahnya itu? Nah di stiker itu (Stiker PLU) ada kode angka 5 digit, Stiker PLU (Price Look Up) yang membagi produk menjadi tiga kategori. 
  1. Diawali dengan angka 0 atau tidak ditulis sama sekali, berarti hanya ada 4 digit, berarti produk itu ditanam secara tradisional, artinya sarat pestisida dan bahan kimia lain. 4 angka berikut hanya menyatakan jenis buah atau sayur apa. Misal, semua pisang berangka 4011. Kalau mengkonsumsi buah & sayur ini baiknya sebelum makan harus di cuci bersih terlebih dahulu.
  2.  Diawali dengan angka 9 berarti produk tersebut adalah produk organik. Pisang organik akan berangka 94011.
  3. Diawali dengan angka 8 berarti produk hasil rekayasa genetika (GMO-Genetically Modified Organism) artinya buah tidak alami lagi, contoh Pisang GMO akan berangka 84011. 
Buah tersebut biasanya merupakan buah impor. Tetapi tidak semua buah impor ada labelnya. Apalagi buah lokal.  Berdasarkan label tersebut dapat disimpulkan buah berlabel angka 9 didepan adalah buah paling aman dikonsumsi. Hindari  berlabel angka awalan 8 yang bermodifikasi genetis apalagi 4 digit yang penuh pestisida.

Tujuan kita konsumsi buah dan sayuran pastinya kan mau hidup sehat namun kita juga mesti lebih cermat memilih buah mana yang layak di konsumsi. Semoag informasinya bermanfaat ya^^

*dari berbagai sumber*

4 komentar:

  1. hooo,, gitu ya mba, baru tahu, biasa beli buah di supermarket sih, yang lengkap, tapi jarang bahkan gak pernah beli apel, gak terlalu suka soalnya, heheh
    nice info, nice sharing mba :)

    btw, salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun baru setelah baca sana-sini alhasil tulis di blog siapa tahu buat nambah ilmu. jadi sekarang lebih teliti kalau beli buah & sayur.

      salam kenal juga arlisa

      Hapus
  2. Weeew baru tau :( Serem juga ya yang berpestisida & GMO :(
    TFS Nukeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq sejak hamil jadi lebih ati-ati kalo belanja buah atau sayur, abis itu kudu cuci sampai bersih.

      Hapus