Rabu, 04 Februari 2015

Mengembalikan Kepercayaan Diri

Apa yang bikin ga Percaya Diri (PD) padahal kamu punya kemampuan, kalaupun tidak saya pernah dengar satu kalimat "kamu bisa asal kamu mau" jadi harus mau dulu, harus coba dulu baru bilang ga bisa kalau sudah mentok.

Postingan ini di tulis untuk memotivasi diri saya sendiri, siapa tahu juga bisa memotifasi yang lain yang mungkin punya cerita sama seperti saya.
Saya anaknya rada pendiam bahkan waktu kecil cenderung cengeng (ini versi orang tua saya cerita) pernah satu ketika saya harus pindah dari daerah ke kota besar (sebut saja Bekasi) saat itu kelas 4SD dan di hari pertama sekolah saya minta diantar oleh orang tua saya karena saya malu pindah ke lingkungan baru, enggak tahu gimana caranya membaur sama teman baru dan yang bikin ga PD pas harus kenalan di depan kelas di depan 47 teman lainnya.

Dan banyak cerita tidak PD-an saya yang lainnnya... (tar kalau di ceritain jadi cerbung lagi)

Menginjak SMP dan menginjak masa remaja di jamannya (tsaaahh elah remaja) problema saya kalau masuk ke lingkungan baru pasti berulang seperti itu, temen di sekolah pun bisa dihitung yang deket itu aja sampai semua teman sekelas mungkin hafal saya murid yang paling kalem, lembut, sejahtera, sentosa dengan hasil akademik memuaskan tapi pergaulan biyasa ajah. Mikir juga kalau begini terus gimana caranya saya bisa tampil di depan khalayak ramai tanpa malu-malu. Dulu di sekolah ada berbagai macam Esktrakulikuler sekolah akhirnya saya memutuskan untuk ikut terjun kedalamnya. Pelatihan Pramuka, PMR alias Palang Merah Remaja yang pada masanya kalau upacara di seragam ada badge PMRnya pasti bangga banget, padahal ikut upacara juga bisa dihitung karena saya ga tahan panas.

It Works...
Semua kegiatan sekolah itu bikin saya jadi nambah temen, nambah pengetahuan dan nambah pengalaman pastinya, saya yang awalnya pemalu, pendiam akhirnya bisa speech di depan khalayak ramai. Masa keorganisasian saya berlanjut sampai saya kuliah dan selain di lingkungan sendiri saya juga ikut beberapa organisasi di luar lingkungan saya (semisal Karang taruna, relawan, dll).

Masa VACUM......???

Diantara seabrek kegiatan saya dulu, saya sempat vacum dari semua kesibukan itu. kalau kata sahabat saya karena saya mengenal orang yang salah (baca : mantan pacar) kalau mau agak versi lebay 5tahun saya ga mengenal dunia luar, benar-benar off dari semua kegiatan termasuk off dari social media yang kala itu sedang ramai-ramainya ketika banyak orang sudah punya berbagai account sosmed saya punya tapi tersentuhpun tidak. 

Setelah melewati masa suram itu sampai saat ini saya masih berusaha mengembalikan diri menjadi orang yang sesibuk mungkin, menggunakan waktu semaksimal mungkin supaya bisa menghasilkan hal yang positif baik dari segi moril ataupun materil. Sulit, iya cukup sulit karena lama ketinggalan berita luar jadilah saya harus banyak meraba dan belajar lagi apa yang sekiranya sudah orang gapai tapi saya belum. Mengembalikan Kepercayaan Diri yang sempat hilang di telan waktu, saat ini beruntung karena orang sekeliling saya mendukung sekali saya ikut dalam berbagai macam hal asal tetap bisa membagi waktu dengan keluarga karena sekarang sudah berkeluarga ga single lageh.

Mengembalikan Kepercayaan Diri.
Bukan tips tapi ini yang saya lakukan saat saya harus kembali menjadi diri saya.
  • Ikut di beberapa komunitas
  • Rajin apdet sosial media terutama kalau ada event-event yang bermanfaat ikutin eventnya
  • Banyak bergaul dengan sekitar (tetangga sebelah misalnya)
  • Rajin baca berita, buku, atau bacaan lainnya
  • Senyum, karena senyuman cukup memberikan efek positif untuk orang yang kita temui (kalau muka agak jutek kayanya emang ini bawaan saya dari sononyee)
Bersyukur karena sekarang bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, bisa melakukan hal bermanfaat walau belum banyak. Jadi balik ke kalimat di atas.
 "kamu bisa asal kamu mau"
Selamat Beraktifitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar