11 Maret 2015

22 Minggu [Hamil]

Hamil memang masa yang paling membahagiakan^^

Rasanya baru kemarin saat pagi hari saya dan suami dengan muka berbinar-binar dan setengah terharu melihat testpack bergaris dua, saat ini usia kehamilan saya sudah hampir 22 minggu. Merasakan masa hamil itu masa yang istimewa (ala chibby) walau kadang berat tapi inilah anugrah yang dinantikan setiap perempuan di dunia ini. 

Terakhir kontrol ke dokter masih 17 minggu, memang belum sempat ke dokter lagi karena belum sempet pulang ke Bekasi maklum sibuk (SOK SIBUK) harusnya minggu lalu tapi dokternya lagi seminar fetomaternal di luar kota jadilah kita tunda sampai minggu ini. 

Sepanjang 22 minggu ini...

Susah Tidur
Saya mulai ngerasain susah tidur, salah satunya posisi tidur miring kanan, kiri, terlentang, udah ga mungkin tengkurep haha harus beberapa pindah posisi supaya ga pegal. Selalu terbangun tengah malam untuk ke toilet setidaknya saya bisa bangun dua kali dalam semalam nah setelah terbangun itu untuk kembali terlelap butuh effort yang cukup besar kadang memanfaatkan dengerin musik, baca, buku atau sekedar online via ponsel bahkan nonton tv.

Kram kaki & Tangan
Ini hanya sesekali saya rasakan pernah suatu malam sampai ga bisa gerakin kaki karena kram yang luar biasa dan tangan kesemutan. Beruntung suami lagi ga pas dinas malam kalau ga waduh saya bisa teriak-teriak sendiri nahan kram. Yang saya baca dari beberapa sumber Kram disebabkan oleh kontraksi otot. Hal ini sering terjadi saat hamil, karena kaki kita menopang berat ekstra saat mengandung dan sirkulasi darah yang kurang lancar, sejak saat itu mulai rajin stretching biar ga kram lagi.

Perubahan Kulit
Seiring kandungan yang mulai membesar kulit di perut dan beberapa bagian tubuh pun mulai ada perubahan, yang saya rasain sih kulit jadi makin kering padahal tetap rajin pakai lotion, ini sih lagi pengen coba produk fenomenal Bio Oil cuma belum sempat beli. Jadilah saya manfaatkan baby oil yang ada dirumah jaga kulit biar ga terlalu kering.

Masalah Gigi
Beberapa waktu lalu saya sempat posting tentang perawatan gigi selama hamil dan sudah selesai. TAPI... setelah satu gigi selesai masih ada satu gigi lain yang bermasalah namun tidak terlalu fatal. Kesehatan gigi selama hamil memang lebih rentan dibanding wanita yang belum hamil, baik DRG atau DSpOG saya sampai ga lupa nasehatin supaya saya makan banyak sayuran, susu, dan menambahkan vitamin yang mengandung calsium. 

Cepat Lapar
Ini sih emang emaknya yang doyan makan, porsi makan yang awalnya 3kali sehari sekarang bisa 5kali sehari berusaha tetap makan yang sehat dan bergizi supaya berat badan ga terlalu melonjak tinggi. 

Baby Movement
Saya dan suami sampai hafal kapan jadwalnya si baby heboh, biasanya dia cenderung heboh saat sore hari ibu dan bapaknya sudah santai di rumah. Kami berdua suka ajak ngobrol malah suka berinteraksi dengan nonjok perut atau berguling di dalam perut. Seru banget kadang kalau kita minta pendapat pun dia suka merespon.

Ngidam
Sampai saat ini saya kepengenan Soto Tauto khas Pekalongan (Soto Darji namanya) sama pecel yang jualnya di sebelah rumah eyang saya di Comal. Di Jakarta ada tapi saya pengennya yang disana. Kalau ada kesempatan Babymoon ga pengen kemana-mana pengen langsung cus pesen tiket buat pulang ke kampung halaman dan makan sepuasnya disana, Doakan.

Nah itulah sekilas yang saya rasakan selama beberapa minggu terakhir ini, selain saya juga masih bebas beberapa tugas rumah digantikan suami (kecup & peluk suami). Untuk ibu hamil di luar sana nikmati hari demi hari perkembangan kehamilan kita, di bawa happy aja kalaupun ada keluhan cukup sampaikan ke suami dan dokter kandungan saja.

Semoga kita tetap sehat dan lancar sampai tiba saat persalinan nanti, Amin.

2 komentar:

  1. mau ikut babymoon-nyaaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kk kita babymoon bersama, semangat yah utsnya biar bisa babymoon ^Horay^

      Hapus