27 Maret 2015

Matiin ROKOKnya dong!!!

Monggo di baca sedikit penjelasannya di sini.

Sebelum hamil saya paling ga suka liat apalagi di dekat saya ada orang ngerokok, nah apalagi sekarang lagi hamil saya berusaha banget buat hidarin orang ngerokok. Ada yang pernah bilang sama saya 

"Teman saya ada yang hidup sehat, makan, minum, olahraga teratur ga merokok itu meninggal. Saya yang ngerokok banyak tetep sehat-sehat aja yah mendingan saya ngerokok aja sekalian"

Tahu ga rasanya saya pengen ambil palu getokin ke tuh orang sambil bilang otak lo di taro dimana? (maaf kasar!!!). Saya doain mudah-mudahan kena azab tuh orang biar sadar.

Apa yang Terkandung dalam Asap Rokok

Asap rokok mengandung ribuan zat kimia, atau 'komponen asap,' juga disebut sebagai 'emisi asap.' Komponen asap yang paling luas dikenal adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida (CO). Selain zat-zat ini, hingga saat ini lebih dari 7,000 zat kimia telah diketahui terkandung dalam asap rokok. Dinas kesehatan masyarakat telah menggolongkan sekitar 70 komponen asap sebagai kemungkinan penyebab penyakit yang terkait dengan merokok, seperti kanker paru, penyakit jantung, dan emfisema.
Komponen asap diukur menggunakan mesin laboratorium. Pada saat ini metode pengujian yang berstandar dan tervalidasi secara internasional hanya tersedia untuk beberapa komponen asap saja, yaitu tar, nikotin, dan karbon monoksida.

Kadar Tar, Nikotin, dan Karbon Monoksida

Kebanyakan perokok sudah mengenal tar, nikotin, dan karbon monoksida karena banyak pemerintah yang mengharuskan produsen untuk mengukur komponen-komponen ini untuk setiap merek rokok dan mencantumkan hasilnya pada kemasan rokok.

Tar

Tar bukanlah komponen asap yang spesifik, melainkan mengacu kepada partikel-partikel asap yang terukur dalam metode pengujian mesin. Partikel-partikel ini terbuat dari banyak komponen asap, termasuk beberapa komponen yang diyakini oleh otoritas kesehatan masyarakat sebagai kemungkinan penyebab penyakit terkait-merokok seperti kanker paru.

Nikotin

Nikotin adalah zat kimia yang terkandung secara alami dalam tanaman tembakau. Apabila tembakau dibakar, nikotin berpindah ke dalam asap. Nikotin dikenal oleh otoritas kesehatan masyarakat sebagai zat yang menimbulkan kecanduan dalam asap tembakau.

Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang terbentuk dalam asap rokok. Karbon monoksida dikenal sebagai penyebab utama penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung) pada perokok.

Komponen Asap Lainnya

Ribuan komponen asap lainnya telah diketahui terkandung dalam asap rokok. Selain nikotin dan karbon monoksida, otoritas kesehatan masyarakat telah menggolongkan sekitar 70 di antaranya sebagai kemungkinan penyebab penyakit terkait-merokok. Sebagian dari komponen ini adalah arsenik, benzena, benzo[a]pirena, logam berat (timbel, kadmium), hidrogen sianida, dan nitrosamina khusus tembakau.

(sumber dari www.sampoerna.com)

Nah belakangan saya ga segan-segan kalau di dekat saya ada yang ngerokok pasti saya langsung tegor dan suruh matiin, di manapun bahkan kemarin di angkutan umum ada beberapa anak mudah yang ngerokok sampai saya marahin akhirnya mereka dengan sukarela matiin dan buang rokoknya. Alhamdullilah suami saya juga anti banget sama rokok jadi saya ga perlu rewel.

Jadi buat kamu di luar sana yang masih ngerokok masih mau lanjut, mending uang beli rokoknya buat kamu pakai ke hal yang lebih berguna deh.

2 komentar:

  1. yang paling sedih adalah aku sering liat ibu2 ngerokok di depan anaknya yang masih kecil. rasanya pengen ditegor tapi gimanaa, asap rokoknya gak kena ke aku. dan itu anaknya. huuufftttt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya itu juga aku pernah liat fika, sekarang sih aq kalau liat perokok di deket aku mau siapa dia ga segan-segan tak tegor. kalau ga mempan tarik aja rokoknya trus buang hahaha... galak bener yah

      Hapus