10 Januari 2015

Melewati Trimester-1

Alhamdullilah Trimester pertama yang penuh dengan kejutan terlewati juga. Selama TM-1 saya ga bandel-bandel amat sih walau cukup melow kalau ditinggal suami lembur. Kali ini sedikit cerita tentang pengalaman melewati TM-1.
 
5minggu
ini pertama kalinya tahu kalau ternyata saya hamil, bener-bener ga nyangka banget karena bulan ini saya dan suami santai banget sudah dalam fase pasrah aja. Pertama kali juga usg dan liat ada titik kecil kantung janin. Udah saya ceritain disini.
 
8minggu
Nah mulai minggu ini saya mulai mual tiada tara belum sampai fase muntah-muntah, nafsu makan cukup terganggu karena tiap bau makanan saya pasti mual. Apalagi kerja di kantor yang juga rumah yang mana bosnya tiap hari masak dan saya cukup tersiksa kalau bau masakannya udah sangat menyengat hidung.
 
9minggu
Semua sakit. Badan pegel linu semua apalagi pinggang belakang ngilunya banget-banget tiap tidur dan duduk lama kudu diganjel bantal biar enakan. Berat badan turun 2kg, bawaannya tiap pagi super ngantuk banget pengennya selonjoran tapi apa daya di kantor ga ada tempat buat selonjoran. Dan minggu ini saya mulai agak muntah-muntah kalo makan ga cocok apalagi kalo ada rasa amis-amis. Minggu ini Kontrol ke-2 ke SpOG Alhamdullilah janinnya sudah keliatan sehat dan detak jantungnya juga bagus. Saya dan suami bengong-bengong pas liat calon anak untuk pertama kali.
 
10-12minggu
Masih mual sama muntah. Celana kerja mulai sempit. Beli beberapa Undies baru biar lebih nyaman, emang paling enak pagi dress atau rok perutnya jadi lebih longgar, ini perut belum gede lho. Oiya saya suka ngerasain kedutan perut menurut dokter karena rahimnya membesar, air ketuban belum cukup banyak jadi kalau janin di dalem gerak-gerak bikin perut agak sedikit kedutan sama kencang. Sempet sakit gigi karena tambalan giginya sepertinya ada yang rusak, ini PR banget buat ke Drg karena saya paling males ke Drg.
 
13minggu
Badan sudah mulai agak enak buat diajak aktifitas walau masih suka lemes. Masih suka mual sama muntah tapi berkurang ga seheboh minggu-minggu awal. Minggu ini Kontrol ke SpOG lagi Alhamdullilah kali ini udah ada bentuknya ada tangan sama kakinya dan anak mama lagi tengkurep yah ditengokin ga mau ngeliatin mukanya. Kali ini berat badan saya sudah naik, dokter bilang "berarti makannya udah enak yah, beratnya sudah naik?".
 
PR ke Drg? Kali ini buat reparasi tambalan gigi yang udah ga bersahabat dari SpOG-nya sangat mendukung untuk mereparasi gigi yang sudah tidak nyaman.
 
Ngidam?
Yang paling aneh buat saya pernah satu kali saya pengen soto ayam tapi saya ga mau pakai ayam pengennya pake kikil. Ibu yang jual soto sampai ketawa pas suami beliin "Mas istrinya ada-ada aja?" selebihnya say ga ngidam macem-macem karena mual jadi paling doyan makan buah terutama rujak, ini tukang rujaknya sampai hafal banget karena hamper tiap siang saya beli rujaknya. Makanan yang lain udah paling doyan yang pedes-pedes.
 
Yang pasti setiap Ibu Hamil itu punya kisah yang berbeda-beda dan unik-unik, itu sepenggal kisah yang saya alami selama TM-1 dan menurut banyak cerita Trimester berikutnya akan lebih menyenangkan lagi, saya diingatkan untuk tidak kalap makan pada TM berikutnya kalo ga mau kegemukan, hehe.... Makannya yang sehat-sehat ajak yah.

2 komentar: