Jumat, 03 Januari 2014

Do not underestimate the language or literature graduate



Saya lulusan bahasa tapi saya kerja di bank.
Terus apa lulusan bahasa atau sastra itu harus mentok dengan pekerjaan yang itu itu aja.
Malah ga jarang orang meremehkan lulusan di bidang ini
We'll see...
agak narsis dikit gapapa yah *wink

Ini percakapan yang sama antara saya (N) dengan beberapa orang (O)
O : "kamu kuliah dimana?"
N : "STBA LIA"
O : "LIA itu bukannya lembaga bahasa yah emang ada kampusnya? Kok bisa lulusan bahasa kerja di bank?"
N : "yah bisa lah kan masuk sini juga ikut beragam test"

Percakapan seperti itu sudah sering terjadi sama saya
Dulu ketika saya lulus kuliah sempet bingung juga mau kerja dimana karena background bahasa dan sastra Inggris menjurus ke pengutamaan jurnalistik. Jadi guru atau kerja media itu dah pernah saya coba  belakangan orang tua saya pengen banget saya kerja di bank dengan alasan di kerja di bank itu enak. Dan ketika saya curhat sama salah satu temen jauh, hah elo mau coba di bank emang bisa lulusan bahasa kerja di bank biasanya kan jadi guru.

Kemudian sebuah pembuktian terbukti, saya berhasil lolos test psikotes dan lain lain di sebuah bank swasta, kemudian timbul pertanyaan diatas. Bahkan saya cukup lama di institusi ini kalau bukan karena peraturan saya masih berada disana dengan seragam itu.

Menurut saya...
Perusahaan pasti mencari karyawan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, namun saya sendiri suka menganggap bahwa tempat saya bekerja itu tidak jauh seperti sekolah atau kampus singkatnya tempat belajar, karena tepat kita bekerja itu juga tempat kita belajar. 
Belajar tentang perusahaan tersebut, 
Belajar bergaul dengan rekan-rekan dan atasan kita,
Untuk pekerjaan di bidang Service seperti saya belajar gimana membangun Customer engagement dengan Customer kita.

So, buat kamu pendidikan apapun yang kamu tempuh saat ini nanti ketika lulus kamu bukan berhenti belajar tapi akan terus belajar.

Dan do not underestimate the laguage or literature graduate 
Karena bahasalah kita bisa saling berkomunikasi dengan baik satu sama lain
Karena sastralah kita belajar kebudayaan 
Dan bisa keliling dunia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar