16 Januari 2014

Wisdom tooth (gigi geraham bungsu) - odontektomi

Lanjut cerita kemarin nih, jadi setelah panoramic.
Terlihat jelas lah bagaimana kondisi gigi gw, gigi yang susunannya udah amburadul ga keruan gitu.
Dan benar aja gw bermasalah sama gigi geraham bungsu yang tumbunya tidak sesuai dengan rahang gw. Sahabat gw sampe bilang "lo rajin banget yah ke dokter gigi" haduh kalo bukan karena gw menyesal harus kehilangan dua gigi gw, ini juga ga akan serajin ini kali.

Gigi bungsu adalah gigi gerahamyang tumbuh terakhir kali dengan pertumbuhannya yang bervariasi pada setiap orang, direntang usia 16 sampai 25 tahun. Gigi bungsu normalnya berjumlah 4 buah, masing-masing dua di rahang atas (maksila) dan rahang bawah (mandibula). Tetapi, tidak semua orang memiliki benih gigi bungsu, atau jumlahnya bisa kurang dari 4 gigi. Karena tumbuh paling terakhir maka yang sering terjadi tidak mendapatkan ruang tersisa pada gusi sehingga tidak tumbuh dengan sempurna. Gigi hanya dapat tumbuh sebagian miring ke arah gigi di sampingnya atau tidak tumbuh sama sekali karena terbenam di dalam tulang. Keadaan inilah yang dalam ilmu kedokteran gigi di sebut Impaksi gigi.
Gigi yang tumbuh dalam posisi demikian bisa menjadi sarang penyakit karena sulitnya membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip lama kelamaan akan menimbulkan berbagai keluhan mulai dari gigi berlubanginfeksi jaringan lunak hingga terasa bengkak dan nyeri. Gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna juga dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian sendi rahang sedangkan gigi bungsu impaksi yang terbenam di dalam tulang dapat menyebabkan kista atau tumor.
Gejala-gejala yang biasa terjadi adalah migren, kepala pusing, sakit saat membuka mulut dan telinga berdengung. Bila masalah akibat gigi impaksi ini mengganggu, maka perlu dilakukan pencabutan oleh dokter gigi spesialis Bedah mulut untuk dilakukan pencabutan gigi bungsu, yang dalam istilah kedokteran gigi disebut dengan Odontektomi
Odontektomi ini operasi pengangkata gigi geraham bungsu. Untuk gelaja-gejala diatas sih ga semuanya cuma yang paling parah tuh gigi yang kanan atas kalo buat makan keras haduhh kalo bisa dikunyahin boleh deh. 
Aissshhh operasi bayanginnya aja enggak, dan kemarin pun untuk pertama kalinya seumur hidup gw foto gigi. Dokternya bilang ini kalo di RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) bisa dibius total jadi skalian diangkat semuanya. Dalam hati dok angkat satu-satu aja saya mesti ngumpulin keberanian dulu apalgi skaligus semuanya. Walaupun operasi kecil tapi tetep aja parno. Alhasil dokternya bilang, gigi yang depan diperbaikin dulu aja yah setelah perawatan gigi depan selesai baru kita liat lagi untuk operasinya.
Alhasil hari kemarin gw ganti tambalan untuk gigi depan gw, itupun masih tambal sementara karena gw mengeluh nyeri di tambalan yang lama dan memang nyeri saat di bor, padahal bornya udah halus banget. sementara artinya gw mesti nunggu beberapa minggu untuk observasi dan kasih obat berkali-kali seperti gigi sebelumnya, sebelum akhirnya di tambal permanen. Makin akrab deh gw sama dokter gigi. Kalo kalian nyisihin sebulan uang buat nabung sama kaya gw buat nabung kontrol ke dokter gigi.
Dan setelah perawatan selesai baru deh lanjut odontektomi kemudian penggantian gigi gw yang sudah di cabut karena giginya udah mati. Gw yang dulu awan banget soal gigi sekarang jadi rajin banget baca-baca browsing2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar