15 Januari 2014

Panoramic

Kepala masih pusing dan berat sepulangnya dari seharian main di rumah sakit.
Rumah sakit? 
Ketika gw pasang status di rumah sakit seketika hp gw rame dengan pertanyaan "periksa kandungan yah ke?" Amin pengennya sih gitu tapi episodenya belum sampe situ gimana dong.
Jadi atas rujukan dari puskesmas rawa lumbu yang mengharuskan melanjutkan perawatan di RS yang peralatannya lebih lengkap dan setelah mengimpulkan segenap keberanian untuk ke RS karena ga tau kenapa ke RS itu bikin gw merinding disko deh.

Pagi ini dengan cuaca agak setengah-setengah karena tadinya mau berangkat pun ragu, namun karena emak memberikan semangat 45 untuk berangkat yah melajulah gw ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi (RSUD Kota Bekasi) alasan memilih disini karena harganya terjangkau dan menurut mevi peratalannya juga masih baru-baru kok.

Sampai sana jam 9 karena pendaftaran pasien hanya sampai jam 10.
Ga RS pemeringah atau swasta sama aja yah kaya pasar, apalagi di loket yang pakai BPJS haduh isinya orang pada umpel umpelan. 
Daftarlah sebagai pasien baru, pada its been long long time ago gw pernah jadi pasien tifoid disini jaman SD itu juga. Biaya pedaftaran ke Poli Gigi Rp. 30.000,-
Setelah daftar naik ke poli gigi yang letakny di lantai dua, ambil no antrian lagi ternyata udah 24 aja sodarah...

Ga sampai setengah jam gw dipanggil, ketemu dokternya yang sudah agak berumur enak sih tegas, dan dia pun jawab pertanyaan gw dengan jelas. Singkatnya karena dokter mau liat seluruh struktur gigi gw, gw suruh foto panoramic dulu lah tuh. Yang ternyata tidak tersedia di RS ini tapi harus ke klinik parahita jaraknya deket sih untung bawa motor jadi gampang bolak balik. Langsung lah gw sama mama cus ke parahita, dan setiap gw ke dr.gigi gw harus ditemenin karena ga tau kenapa biasa setelah selesai tindakan gw bisa kliengan padahal sugesti aja.

Foto panoramic di parahita sama jasmednya seharga Rp. 160.000,-

Fungsi dari Panoramic Foto adalah untuk melihat keadaan gigi secara menyeluruh hingga jaringan tulang rahang, dan difungsikan untuk menegakan diagnostik.
Sistem kerja dari Panoramic Foto adalah alat pendukung perekam gambar akan bergerak memutar mengelilingi kepala, khususnya sekitar gigi, sehingga akan menghasilkan gambar gigi dan rahang secara keseluruhan. Dalam gambar yang dicetak dari hasil ‘jepretan kamera’ Panoramic Foto, dapat terlihat susunan gigi seseorang, baik yang bermasalah maupun yang tidak.
Dalam hal ini bermasalah dalam hal gangguan gigi, seperti gigi yang tidak tumbuh secara sempurna (menyamping), miring, kerusakan, hingga berlubang.


Dan hasil foto gw dibawah ini

Begitu liat hasilnya amazing juga karena ternyata gigi gw amburadul sangat.
Geraram bungsu harus diangkat empat-empatnya, ada sisa akar gigi yang juga harus diangkat dan gigi yang udah dua hilang harus pasang gigi implant supaya gigi gigi sebelahnya ga miring.

Lalu harus berapa lama lagi gw akrab sama dokter gigi?

4 komentar:

  1. Kak kalau pasang implant di RSUD berapa ya? Kalau buat umum gitu gak pake bpjs. Kalau pakai bpjs berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau biaya saya kurang tahu mba, tapi kalo bpjs setahu saya gratis.

      Hapus
  2. kalo biaya cabut gigi di rsud bekasi kisaran berapa ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. di RSUD kurang tau kalau cabut kayanya sih ga semahal di klinik gigi. saya pernah perawatan aja 100.000

      Hapus