3 April 2014

Jalan-jalan ala nuke

Gw termasuk yang suka jalan-jalan. Mau yang ala Ransel atau Koper, tergantung budgetnya, beberapa tahun terakhir agenda jalan-jalannya agak berkurang karena keterbatasan waktu dan budget.

Mau kasih tips, tapi bukan tips ala traveler handal yang biasa saya siapin aja, batasan saya jalan-jalan juga masih sebatas dalam negeri belum keluar negeri.

1. Jauh-jauh hari

Mau berkunjung ke suatu tempat/kota. Lihat kalender siapkan jauh-jauh hari kalo lo mau cuti bisa ajuin cuti ga mendadak ke kantor. Kalo mau ambil longweekend juga mesti siapin hunting tiket & hotel yang biasanya kalo longweekend fully booked.

2. Tujuan

Kemana kamu akan jalan-jalan? Kalo udah nemu tujuannya. Banyak-banyak browsing deh buat informasi biar ga keder.

3. Budget

Ini penting tujuan udah, tentukan budget untuk akomodasi, hotel, tiket objek wisata, jajan, beli oleh-oleh sama dana tak terduga. Untuk tiket kereta/pesawat dan hotel  qt bs gunakan kartu kredit untuk booking tapi uang yang buat bayar simpen buat selesai liburan di bayarin ke tagihan KK'nya (disiplin). Siapkan uang kecil dan kartu seperlunya.

4. Rute perjalanan

Ini penting, biar sampe sana kita udah tau selama disini mau kemana aja sih. Jangan sia-siakan waktu liburan anda

5. Barang Bawaan

Bawa baju secukupnya, sepasnya, lebihkan 1/2 stel untuk cadangan siapa tau kehabisa stok baju. Susun rapi dari mulai yang dipakai duluan sampai belakangan.
Buat yang pake hijab biasanya sih saya ngakalin 1hijab bs dipake beberapa baju jd ga perlu banyak-banyak kecuali hijabmu memang sudah kotor, wajib ganti.
Lainnya sekarang banyak tas-tas atau organizer buat bawaan kita e.g untuk gandet, underware, obat, toiletrs, makeup. Itu useful bangget bisa ringkes di koper/ransel ga berantakan.

6. Throw your gadget

Saya sendiri selama jalan-jalan liburan biasanya pakai gadget cuma buat check-in sama foto aja, selebihnya buang aja dulu nikmatin liburan apalagi sm orang tercinta.

7. Tas Cadangan

Ini saya juga, kemanapun saya bawa laundry bag sendiri dan tas lipet. Fungsinya buat taro baju kotor dan tasnya bisa buat oleh-oleh. Karena ga semua hotel nyediain laundry bag dan oleh-oleh km bakalan seabreg makanya sediain tas gede biar gampang bawanya.

Kayanya sgitu dulu tipsnya yang biasa saya lakukan kalo mau berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar